Wednesday, August 31, 2011

Kumpulan Foto Modifikasi Motor Terbaru

Motor adalah alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat dan menjadi transportasi favorit baik dari golongan bawah menengah dan atas sekalipun. Kalau dulu motor roda dua hanya menjadi favorit bagi golongan menengah kebawah, namun sekarang orang-orang digolongan ataspun lebih memilih menggunakan motor roda dua, ditambah dengan munculnya motor roda dua kelas premium dengan kapasitas yang besar, menjadikan bertambahnya golongan pencinta roda dua.



Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang lebih memilih motor roda dua, ketimbang mobil. Alasan pertama harga motor lebih terjangkau dari mobil, kedua dengan menggunakan motor kita bisa lebih menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi, dan bagi pencinta modifikasi, modifikasi motor lebih hemat biaya dan lebih banyak customnya.



Bagi pencinta modifikasi, hanya ada satu alasan mengapa mereka memutuskan untuk memodifikasi motor mereka. Penyebabnya adalah mereka merasa tidak puas dengan standart pabrikan dan ingin kelihatan berbeda dengan motor-motor lainnya. Modifikasi yang dilakukan bisa dari tenaga yang dihasilkan, tampilan/body motor, sampai pernak-pernik motor seperti kaca spion, lampu reting, dll.



Memodikasi motor bukanlah perkara mudah, setidaknya anda harus memahami bagaimana sebuah motor roda dua dapat bekerja dan dapat berjalan. Namun untuk urusan itu, anda tinggal serahkan ketempat-tempat modifikasi motor yang sekarang sudah banyak menjamur. Anda tinggal mencari yang sesuai dengan kantong anda dan yang bisa memahami keinginan anda untuk memodikasi sebuah motor.



Dan bagi anda yang ingin modikasi motor roda dua anda, gambar-gambar modikasi motor Honda, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, Yamaha berikut mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk memodifikasi motor anda:



































Read more →

Tuesday, August 30, 2011

Trik Cegah Rantai Motor Putus di Tengah Jalan

img



Jakarta - Banyak pengendara motor yang rantai motornya putus di tengah jalan, padahal kita sedang diburu waktu. Nah tak mau hal itu terjadi kan. Apa yang mesti dilakukan agar rantai motor tidak putus di tengah jalan?



Berikut beberapa tips untuk Anda.



1. Yang wajib Anda lakukan adalah melumasi rantai motor secara berkala dengan menggunakan pelumas khusus rantai atau chain lube 2.000-3.000 km. Minimal satu bulan sekali. Langkah itu perlu dilakukan agar menjaga rantai tidak kering dan karatan. Gunakan dengan sikat kecil seperti sikat gigi supaya merata.



Tetapi melumeri oli dengan pelumas satu bulan sekali (2.000-3.000 km) tidak perlu dilakukan ketika rantai motor Anda menggunakan O-ring.



"Rantai yang menggunakan O-ring tidak perlu pakai pelumas cukup di bersihkan. Rantai O-ring bisa digunakan untuk motor besar," kata Divisi Service PT YMKI, Muhammad Abidin kepada detikOto.



2. Bersihkan rantai dari kotoran dan air sebelum rantai dilumeri dengan pelumas. Sesering Anda mengecek kebersihan rantai, maka lebih baik.



3. Pastikan rantai memiliki ketegangan yang cukup. Tidak terlalu tegang dan

tidak terlalu kendur. Umumnya, rantai yang disetel terlalu kencang akan memberi beban yang berlebih. Namun sebaliknya jika rantai yang disetel terlalu kendur dikhawatirkan akan membuat rantai terlepas dari mata gir.



Rantai kendur akan mengeluarkan suara aneh dan akan memberikan sentakan yang berlebih saat motor pertama kali dijalankan. Tingkat kekeduran optimalnya 2-3 cm.



4. Cek kondisi gir kecil. Biasanya banyak kotoran banyak menempel pada bagian itu. Putaran rantai juga menjadi keset dan tidak lancar. Setelah itu pastikan gir depan dan gir belakang sejajar.



5. Ganti sproket depan, sproket belakang serta rantai begitu usianya sudah 1,5-2 tahun (15.000 km keatas). Jangan potong rantai dengan alasan menghemat kantong.



6. Jangan keseringan melakukan akselerasi sejak awal, karena memperpendek usia logam rantai. "Terlalu sering akselerasi maka memperpendek usia logam," tutup Abidin.

Read more →

Honda Jazz Elegan Bikin Suasana Makin Mesra

img



Jakarta - Disain mobil Honda Jazz 2007 yang imut ternyata menjadi inspirasi Ocu Asalvo untuk bisa lebih kreatif. Makanya mobil asal Jepang itupun ia ubah hingga tampilan lebih menawan.



Konsep yang ia suguhkan ternyata seperti kebanyakan kaum muda tawarkan yakni elegan. Namun ada yang patut diacungi jempol dari pria asal Pekanbaru satu itu. Penciptaan pada eksterior dan interior adalah untuk memanjakan pasangan. Wuih asyik bukan.



Dan mobil pun dinilainya sebagai penunjang suasana ketika berduaan dengan sang kekasih. "Dengan ini pacar lebih jadi asyiknya," timpal Ocu kepada detikOto.



Hal pertama yang ia lakukan adalah mengubah eksterior. Memang secara keseluruhan hampir ia rombak, mulai dari head lamp yang mengguna lampu Mitsubishi Grandis, lampu belakang Toyota All New Camry.



Selain itu pertimbangan untuk menggunakan bodikit sebagai mobilitas sehari-hari ia lakukan, tujuannya apalagi kalau bukan mempercantik mobil bungkuk satu itu. "Bagian bodi dibikin agar lebih cantik aja. Makanya saya tambah bodikit, dan untuk mempercantik pakai grafis," pungkas Ocu.



Tak sampai disitu, Ocu juga menggunakan pelek Fabulous Expand 20 inci yang dipadukan dengan ban Toyo depan lebar 235/30 dan belakang lebar 245/30 yang disandingkan dengan air suspensi di keempat titik roda.



Selanjutnya teknik melebarkan bodi Ocu lakukan. Ia ternyata melebarkan bodi depan hingga 5 cm, dan belakang hingga 8 cm. Ada yang unik di bagian buritan. Selain pintu yang terbuka ke atas, pria berusia 25 tahun itu menyematkan pintu bagasi motorized. Konsep itu sebenarnya hanya untuk pemanis, namun berfungsi untuk meletakan power amplifier venom.



Untuk mengimbangi tampilan luar, Ocu menampilkan suasana berbeda di bagian dalam. Seperti menggunakan lampu LED, kulit buaya di kursi, doortrim. Selain itu untuk menegaskan sebagai pejantan, Ocu menenggelamkan mini bar di bagian tengah kursi belakang.

Â

"Itu untuk pemanis, ya sedikit-sedikit nyicip," imbuhnya.



Perpaduan itu sepertinya belum sempurna jika tidak menggunakan sound sistem. Karenanya speaker venom V16 depan, speaker venom VX6X belakang power 4 channel venom diablo, power monoblock venom diablo yang terintegrasi dengan subwoofer 3110 sebanyak 3 buah.



Sebagai torehan akhir adalah warna. Untuk bagian satu itu Ocu tidak ambil pusing dengan membalurinya dengan warna putih. "Secara keseluruhan dana Rp 120 juta dengan lama pengerjaan 3 bulan," tutup Ocu. Well selamat pacaran ya.http://oto.detik.com

Read more →

Menambah Kecepatan Honda Supra X 125

img



Jakarta - Salam detikOto, saya memiliki motor Honda Supra X 125. Saya sudah mengganti piston dengan milik Kawasaki Blizt Over 100. Saya juga melakukan sedikit perubahan pada kop depan mesin. Karburator, CDI & knalpot tetap memakai bawaan motor.



Yang saya mau tanyakan kenapa motor kalau siang hari jadi berat diajak lari di atas 100 km/jam, padahal kalau malam topspeed bsa sampai 120km/jam lebih. Apa ada yang perlu dganti mas?



Terus bagaimana agar motor saya bisa bertambah kecepatannya?

Sugikanto



Jawaban



Salam modifikasi, Honda Supra X 125 yang sudah mengalami perubahan piston , akan lebih bagus jika diimbangi dengan penggantian part pendukung, tujuannya untuk menyesuaikan kompresi yang dihasilkan oleh piston besar.



Masalah penyesuaian yang harus dilakukan sebenarnya tidak harus berlebihan, dengan ganti banyak part, seperti karburator racing, CDI racing, dan knalpot juga racing, cukup dengan, seting ulang karbu dengan ganti spuyer, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat.



Masalah berarti yang dialami adalah kalau kondisi panas atau siang berat larinya dan kalau dingin atau malam enteng larinya. Ini bisa diatur dari setingan spuyernya baik main jet dan pilotnya, kebutuhan besar kecilnya tergantung kebutuhan dengan melihat hasil pembakaran di ujung businya. Demikian dari saya semoga bisa membantu



Salam

Topo Goedel Atmodjo
Read more →

Mobil Mercy Paling Murah

Mobil Mercy Paling Murah

Seorang yang beruntung itu bernama Maurice Matthews. Maurice Matthews adalah seorang koki di tim Football Pittsburgh Steelers. Dia tidak pernah menyangka bisa dapat mobil Mercedes-Benz SL500 dengan harga US$20 atau Rp 170 ribu. Harga tersebut pastinyanya membuat semua orang terkejut. Sebab, harga mobil bekas Mercy di Amerika Serikat masih US$17.700 atau sekitar Rp 150 juta.

Mercedes-Benz SL500

Bagaimana Matthews bisa mendapatkan Mercy Murah Tersebut?

Matthews memang sudah kenal dengan penjualnya Ray Horton. Horton adalah pelatih di tim Football Pittsburgh Steelers. Saat hari terakhir sebagai pelatih, Horton bertanya kepada Matthews, “Kamu punya uang berapa? Saya butuh buat ongkos” Matthews yang saat itu hanya membawa uang US$20, langsung memberi uang itu kepada Horton. Wow keberuntungan itu datang, setelah Matthews memberi uang, mobil terebut langsung diberikan. Jadilah mobil itu seharga US$20. :D

Sumber: http://otomotif.vivanews.co/news/read/239839-mercy-ini-seharga-rp170-ribu

Read more →

Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II

 

Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II merupakan hasil garapan dari seorang modifikator handal yang kedua kalinya, tanpa mengurangi rasa hormat, modifikasi ini rada brutal karena di tangki bertuliskan "F*#k You". Bukannya nggak sopan. Itu bagian dari konsep modifikasi aliran "No Rules" yang memang diterapkan Donny pada Honda GL100.

Harafiahnya "Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II" memang tidak punya aturan atau bebas lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I. Namun bagi Donny alias Batax, dedengkot bengkel Hantu Laut di Jakarta Selatan, No Rules punya makna beda, gak menitikberatkan satu aliran, namun gabungan dari beberapa konsep.

Mau bukti, coba perhatikan tampang depan pada Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II ini mirip cafe racer. Sedang bagian belakang mengarah ke tampilan Japan domestic. Semata demi keinginan klien yang tidak mau motornya terlalu cafe racer, chopper atau Jap style. "Makanya dikolaborasi," beber modifikator dari H.Nawi, Gg. Jeni, Jakarta Selatan.

Bagi yang awam, Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II ini mungkin tidak jelas arahnya. Tapi, bagi Donny justru di situ nilai moral yang dianggap sebagai seni tersendiri. Apalagi tampilan naked tanpa bodi selain tangki, mungkin bisa mencirikan bagaimana motor ini memiliki kesan hardcore.

"Namun pemasangan single jok mini pada Modifikasi Honda GL100 No Rules Part II ini agak memanjang, memberi tampilan Japan domestic manis dan terasa klop dengan rangka telanjang lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster."

DATA MODIFIKASI
Ban : Swallow 110/80-17
Ban belakang : Michelin 140/70-17
Pelek : 2,15x17 & 3,50x17
Read more →

Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R



Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R merupakan hasil kreasi yang tergolong banyak digemari oleh banyak pecinta modifikasi motor pada umumnya, menurut Donny Ariyanto dari workshop Studio Motor (SM), Kawasaki Ninja 250R tak hanya memanjakan akselerasi. Tapi, sasis model tubular motor sport ini juga banyak memberikan kemudahan buat modifikasi!

Hal ini sudah dibuktikannya di pacuan milik Ery Nugraha. Dia, juga seorang penggemar aliran café racer. Malah, motornya sempat bergaya balap klasik beberapa waktu yang lalu. “Bosen, kepingin gaya baru yang lebih segar,” singkat pria yang tinggal di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang ini.

Maka itu, dari café racer, Ninja 250R itu berganti aliran jadi Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R “Sub frame dipotong sekitar 17 cm. Sekarang, tinggal bentuk ulang bagian bodi sesuai konsep aliran flat track,” bilang Donny dari workshopnya di Jl. RC Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan.

Untuk konsep flat track, ubahan Donny ini, memang sedikit menyerupai aliran café racer. Sama-sama kental dengan aroma balap tempo doeloe. Bedanya flat track untuk balapan di tanah. Sementara café racer untuk kontur aspal. Tapi, kali ini, Donny jeli memadukan keduanya.

Seperti pada bagian tangki yang tampak sedikit berbeda. “Bentuknya disesuaikan dengan sasis. Ukuran tangki pada Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R ini dibuat tidak kecil dan tidak besar. Karena sasis Kawak Ninja menggantung. Tidak down tube seperti idealnya flat track,” tambah Donny yang sangat ramah itu.

Jika dipaksakan mengadopsi tangki ukuran kecil. Tentu imbasnya akan tidak seimbang dengan wajah karakter mesin Ninja yang besar. Tampilan mesin akan lebih mendominasi. Imbasnya akan menutupi tampilan tangki custom. Ini yang dihindarkan Donny.

Bentuk buritan didesain khas Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R. Cirinya sudut yang dibentuk kaku dengan model buntutnya yang dibuat meruncing. “Desain ini lazim ditemui di tunggangan flat track di Amerika,” lanjut modifikator yang tengah naik daun belakangan ini. Ulet bulu kaleeee...

Desain bodi, layaknya bodi belakang itu dibuat dari besi pelat. Ini kali, Donny mengandalakan pelat tebal 0,8 mm buat memperkokoh tampilan. "Selain itu pelat ini juga masih memudahkan untuk ditekuk dan dibentuk," argumennya.

Bodi pelat tadi, dipadu kelir hijau doff. Warna ini memang sudah pilihan Ery. Katanya, kelir ini punya karakter tegas lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL100 No Rules. Apalagi juga dipajang wajah Che Guevara pada tangki. Itu lho, salah satu pemimpin gerilya Kuba yang pernah menjelajahi Argentina dengan motor.

Lewat ubahan ini, kini Ninja makin terlihat kekar. Terlebih bagian radiator yang sudah tampak lebih menonjol tanpa diselubungi cover bodi. Tapi, sayang! Kenapa bagian cover tengah masih dibiarkan kosong ya? 

Kalau standar Kawasaki Ninja 250R pakai setang model jepit. Tapi, buat mempertajam konsep flat track, kini andalkan setang model melebar lurus alias baplang lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Byson Ala Ducati Monster. Ciri motor penggaruk tanah.

Untuk itu, perlu ada ubahan pada areal segitiga atas Ninja. “Biar setang bisa nempel perlu dibuatkan raiser. Karena aslinya Ninja tidak ada,” jelas Donny yang rumah modifikasinya ada di depan RS Suyoto.

Area sekitar kemudi tidak dibiarkan telanjang. Agar tampak berisi, beragam indikator diterapkan. Misal, panel RPM merek Koso. Dengan model analog, sesuai dengan tampilan klasik. “Tidak lupa juga pada Modifikasi Kawasaki Ninja Flat Track 250R ini saya tambahkan spion untuk kelengkapan safety riding. Karena dipakai harian,” tutur Ery yang 28 tahun itu. Indikator bensinnya mana?

 DATA MODIFIKASI
Ban : Bridgestone 120/70-17 & 150/70-17
Footstep : X Race
Knalpot : Leo Vince Superbike
Read more →

Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I

 
Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I merupakan hasil kreasi yang sudah kesekian kalinya dari sang modifikator legendaris, namun tampilan kali ini mencoba yang beda dari yang lainnya, lihat konsep ubahannya memang sedikit nyeleneh alias ngawur atau asal. Itu karena konsepnya gabung­an beberapa aliran modifikasi dimasukkan ke roh standar Honda GL100 1982.

Coba perhatikan. Tampang depan Honda GL100 didongkrak dengan menarapkan visor atau windshield ala café race, namun di bagian tengah berubah konsep lagi, lihat juga tampilan lain  Modifikasi Yamaha New Jupiter Z Sang Juara. Bagi Donny, inilah seni dalam bermain konsep 'no rules'. “Ingin mencoba sesuatu yang berbeda, makanya berpikir keluar dari pakem alias out of the box," tegas Donny Batax.

Victor si pemilik tunggangan yang kebetulan gemar naik moge pun berpikir sama. Pria yang pernah tugas di Amrik juga pengin konsep berbeda. Karena itu, ia mempercayakan Donny menggarap motornya dengan konsep Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I, seperti biasa dilakukan builder asal Jakarta ini.

Namun bila menganggap modifikasi yang dilakukan Donny Batax terkesan asal, silakan tepis angapan itu jauh-jauh. Karena menurut Donny Batax, semua yang pernah dikerjakannya justru butuh konsentrasi tinggi dan keseriusan. Bagaimana tidak, menggabungkan beberapa konsep modifikasi agar hasil akhirya bisa wah bukan perkara gampang. Makanya Donny mesti putar otak untuk menawarkan setiap konsep kepada kliennya..

Contohnya tampang depan GL100 yang bergaya cafe racer, diteruskan ke belakang yang adopsi singlefighter dengan rangka terpotong. Hasil potongan rangka tadi dimanfaatkan untuk meyelipkan sein. Sedang tangki pada Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I ini digarap ala ciri khas Hantu Laut yaitu memanjang dan kotak.

“Sementara untuk kaki-kaki belakang, tepatnya di lengan ayun, dimensinya sudah diperpanjang sekitar 15 cm. Bukan tanpa maksud, tapi agar dudukannya menjadi lebih mantap. Tarikan motor pun tetap stabil saat dibetot,” mantap Donny.

Rombakan pada Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I ini biasanya modifikator suka lupa unsur safety. Padahal untuk menerapkan ke motor minimaslis dapat diakali dengan variasi minimalis. Makanya Donny Batax menghias motor Victor agar tetap cantik, safety dan daily use dengan pasang lampu stop aftermarket di sepatbor belakang.

“Modelnya sederhana. Namun saya ingin tetap menegaskan kepribadian motor ini yang konsepnya tidak punya aturan, caranya dengan memberi kesan safety riding karena semua perangkat berkendara tetap diperhatikan. Seperti pasang lampu rem dan sein unik, lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar 220 Ala Moge Sporty.

Victor pun pasrah dengan hasil garapan akhir yang memang cukup memberikan warna baru. Pemilik motor yang juga biasa naik moge ini coba menghilangkan kebosanannya dengan menunggangi motor Modifikasi Honda GL100 No Rules Part I ini. Cuma masalahnya, kenapa kaca spion dan sein depan nggak sekalian dipasang ya? 

 DATA MODIFIKASI
Stang: Custom
Knalpot: Custom
Sok depan: Honda GL-Pro
Sok belakang: Honda Grand
Lampu depan: Honda CB100
Read more →

Monday, August 29, 2011

Modifikasi Yamaha Vixion 2011





Yamaha alien the new face of the V-Ixion added avant-garde and aerodynamic. Changes fabricated by YMKI on Yamaha V-Ixion actualization this arguably would abundantly affect the actualization of the face and motor action in 2010 auspiciously won three awards at once, as "Best Handling", "Best Feature & Technology" from MR. Automotive Accolade Testo abridged version, and the accolade for "Motor Sport" the best 191-249cc chic "IMOTY Motorev Magazine Accolade in 2009



Read more →

Yamaha XEON GT



Who is not familiar Xeon Yamaha, Yamaha Indonesia a new automatic motor 125 cc engine, equipped with a number of the latest technology. In terms of Power, XEON has DiASil Forged Cylinder and Piston. Another advantage of is the throttle position sensor XEON, XEON also has a CVT that integrates cooling channels in order to position the high air channel so as to prevent water and dust into the room CVT. Starter clutch on the XEON is a wet type (submerged oil) which makes the process of starting the engine to be more gentle. One more, with Ergonomic Seat Design, create wider luggage and can store more lots of goods, including half face helmet.



Make you a hobby modif, Arif Setiawan Blog's got a picture for the inspiration you modif Yamaha Xeon version of Thai Concept,

  1. Xeon GT


Read more →

Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara

 

Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara merupakan garapan apik dari sang maestro motor balap, dengan keuletan dan pengalaman di bidang motor balap, akhirnya jadi juara juga, terbukti Yamaha New Jupiter-Z bisa jadi jawara baru underbone 4-tak. Bertarung di region V, Andi Mapanyukki keluar sebagai juara pertama MotoPrix kelas MP3 bebek underbone 4-tak 125 cc. Nggak tanggung-tanggung, dari 7 seri, Andi 5 kali juara pertama dan sekali finish ketiga. Hanya sekali ia gagal finish.

"Cuma seri pertama tak finish, karena girboks pecah. Sisanya enggak ada lawan. New Jupiter-Z memang lebih enak lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6, kata Andi," beber mekaniknys Edwin Cahyadi.

Tantangan pertama Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara yaitu, mengubah sistem transmisi dengan 2 kampas kopling jadi 5 kampas. Triknya mencangkokkan rumah kopling Jupiter MX yang bisa dijejali 5 kampas. "Menurut saya, untuk balap, lebih maksimal dengan 5 kampas," ujarnya.

Selanjutnya kreatifitas Edwin pakai klep yang tersedia di pasaran. "Klep asli New Jupiter-Z untuk jalur in cuma 23 mm, dan jalur eksosnya 20 mm. Pakai 28 dan 24 yang dimodif jadi 26 untuk in dan 23 buat ex," jelasnya.

Langkah berikut pada Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara ini, dipersiapkan komponen kunciannya, di poros bubungan alias kem. Teknik Edwin agak unik. Ia mencari kem yang profilnya besar. Alasannya, "Dengan profil pinggangnya besar, mudah dimodifikasi untuk mengejar lift klep tinggi," bilang Edwin lagi.

Kuncian lagi, nih. Dari riset Edwin, New Jupiter-Z lebih enak pakai kem dengan lift tinggi. Ia mematok sampai 10 mm. Padahal, Jupiter-Z lama banyak yang hanya mematok lift 8,5 sampai 9 milimeter. Malah ia menyebut, mungkin lebih baik jika di atas itu. Sebab spek New Jupiter-Z yang long stroke memungkinkan.

"Saya mainkan durasinya untuk in dan ex jadi 268 derajat. Sementara LSA-nya dibuat jadi 106 derajat lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar 220 Ala Moge Sporty," papar Edwin.

Untuk mendongkrak kapastias pada Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara ini, Edwin tak kesulitan. Di pasaran aftermarket, ia mencari torak berdiameter 53,40 mm. Ukuran segitu pas membuat kapasitas New Jupiter-Z jadi 129 cc, sebagai batas maksimal turun di kelas MP3.

"Kepala piston dibentuk kayak piston TDR. Sebab spek New Jupiter-Z gak perlu kompresi tinggi. Saya pakai rasio kompresi 12,8 : 1. Kalau Jupiter lama, bisa 13,5 : 1 atau lebih," sebut Edwin yang terapkan kubah kepala silinder bathtub.

Pilihan ini karena New Jupiter-Z sudah punya karakter torsi besar. Perbandingan kompresi rendah mendukung tenaga lembut namun terus mengisi. Motor tidak liar di tikungan, namun lebih bertenaga di trek lurus panjang.

Sentuhan terakhir knalpot pada Modifikasi Yamaha New Jupiter-Z Sang Juara ini. Edwin gabungkan knalpot merek Creampy dengan SND. "Cocok pakai leher dari SND, lalu bodi dan silencernya pakai Creampy," tutup mekanik yang mangkal di markas Yamaha Suraco di Jl. Andi Pangerang Pettarani, Makassar itu.

DATA MODIFIKASI
Ban : Corsa
Pelek : TDR 1.60-17
Karburator : PM 24 mm
Pengapian : Rextor Pro Drag RR
Sokbreker : YSS atau Daytona
Read more →

Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6



Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6 merupakan hasil desain yang sangat sensasional, desain bodi Yamaha R6 punya daya tarik yang mampu merengut hati Faiq. Sampai akhirnya dia merelakan Yamaha Scorpio untuk ganti baju ala supersports 600 cc andalan pabrikan garputala itu.

“Lekukan bodi R6 terlihat slim apa lagi pada tangki dan buntut belakangnya lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing. Makanya bodi yang saya aplikasi di Scorpio tanpa fairing,” jelas Faiq yang bertugas sebagai anggota TNI Angkatan Darat tinggal di Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.

Yup, meskipun pakai bodi dan buntut Yamaha R6 namun Faiq ogah mengaplikasi fairing. “Tanpa fairing desain bodi Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6 sudah keren tinggal direspon dengan aplikasi bodi tengah dan cover mesin yang minimalis,” jelas Budi Dave pemilik bengkel modifikasi Dave Motor Concept (DMC) yang menangani pengerjaan. 

Ciri DMC masih setia bermain ubahan bodi mengandalkan pelat galvanis 0,8 mm. “Saya sisipkan deltabox pada bagian tengah rangka Scorpio biar roh streetfighter makin kentara,” lanjut builder yang langganan turun di ajang contezt ini.

Desain deltabox ini mengikuti kontur bodi di bawah tangki yang memang khas Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6. Bagian ini dibuat dari pelat yang langsung ditempel pada komstir dan rangka bawah Yamaha Scorpio. “Sengaja dibentuk lebih mundur biar dudukan footstep lebih ke belakang,” ucap Wanto modifikator yang merancang besutan ini.

Sedang desain bodi bagian tengah yang minimalis dibuat seolah menjadi cover radiator. Inilah yang mengisi bagian depan motor jadi terlihat makin berisi meski tanpa fairing. “Biar kelihatan seperti asli dipasang radiator sungguhan meski tidak fungsi,” urai Wanto.

Makin sip, areal seputar mesin pada Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6 ini juga dipasang desain cover yang manis. “Biar enggak kelihatan terlalu padat modelnya,  dibuat berongga layaknya airscop sekaligus sebagai hawa mesin,” tegas builder muda berbakat yang piawai menekuk lembaran pelat ini.

Untuk kaki-kaki, sok depan masih mengandalkan Scorpio, lebih dipadukan desain sepatbor depan ala moge lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar 220 Ala Moge Sporty. “Ke depan kalau ada dana, akan ganti model upside down biar makin sip,” aku Faiq yang berkantor di Cilangkap, Jakarta Timur.

Namun untuk lengan ayun belakang Faiq mengaku cukup puas. Meski masih mengandalkan arm standar tapi tampilan sudah dilapis kondom. “Modelnya dibuat semirip mungkin detail arm Yamaha R6,” bilang Wanto yang asli Tegal.

Paling pas desain head lamp, sudah mengandalkan lampu depan copotan dari variasi moge. Biar tampilan Modifikasi Yamaha Scorpio Ala Supersport R6 makin manis, cover lampu dibuat hampir menutupi seluruh reflektor. “Modelnya cover head lamp ditambah windshield bagian atas, sedang lampu belakang dipilih model LED,” tutup builder ramping ini. 

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : Swallow 120/60-17
Ban belakang  : Swallow 140/70-17
Knalpot    : Suzuki GSX 400
Pelek : Variasi 
Read more →

Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing



Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing merupakan sebuah kreasi anak negeri yang patut diacungi jempol, sebagai rasa cinta dengan kartun Jepang, Indra Yuananta bela-belain Yamaha Mio miliknya diairbrush realis. “Waktu kecil saya suka nonton film Sailormoon, makanya idenya diambil dari memori masa lalu,” jelas pria yang tinggal di Pasar Kemis, Sindang Jaya, Tangerang itu.

Untuk urusan pengerjaan airbrush, Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing ini Indra langsung memboyong motor ke bengkel modifikasi dan airbrush bertajuk GAN Motor. “Biar kelihatan lebih hidup, minta digabungkan unsur realis tokoh Sailormoon dipadu dengan grafis yang mecing biar tampilannya lebih hidup lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer,” ujar Indra yang bekerja sebagai karyawan, salah satu dealer di Tangerang.



 
Ini bisa dilihat pada sentuhan realis yang memenuhi areal depan. Sedang tarikan grafis dipadukan di seputar bagian batok lampu dan bodi belakang Mio. “Untuk grafis dipilih kelir pink, ungu, kuning dan biru yang jadi ciri Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing ini,” tambah Indra yang fans berat Sailormoon.

Biar tongkrongan Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing ini makin sip sekaligus mendukung tampilan bodi, kaki-kaki standar ikut dimodifikasi lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Mio Racing Look. Suspensi depan kelihatan mentereng dengan pemasangan sok Gazi berpadu teromol Ninja 150 berikut disc brake yang dibuat dobel. Sementara untuk sok belakang, sudah mengandalkan sok tunggal Gazi juga cakram yang sudah dibikin dobel.

Waktu ikut ajang contezt, dengan Modifikasi Yamaha Mio Sailormoon Mecing  ini dia ikut dengan dukungan penuh keluarga tercinta. Gak percuma. Mendapat gelar juara 2 di MOTOR Plus Skubek Contezt 2011 kategori airbrush realis. Hampir meneteskan air mata seraya mengucapkan terima kasih kepada keluarga. 

DATA MODIFIKASI :
Pelek : Ride IT
Cat : Spies Hecker
Sok belakang : Gazi
Knalpot : SND
Read more →

Sunday, August 28, 2011

cara Tips Mudah Merawat Aki Mobil

motor drag fairing yamaha byson motor supra drag indonesia 2011 body honda beat airbrush modif vario drag fu modifikasi new mega pro jual japs style honda cb xl 125 modif motor honda cbr 150cc cara korek jupiter z byson kumpulan airbrush tribal king modifikasi drag madura setiker motor motor modifikasi

9 Tips Mudah Merawat Aki Mobil 150x150 9 Tips Mudah Merawat Aki MobilPerawatan aki mobil sangat penting dilakukan untuk menjaga kelancaran fungsi mobil Anda.

Perawatan aki mobil bukanlah pekerjaan rumit. Anda hanya membutuhkan sedikit keterampilan teknis untuk melakukannya.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk merawat aki mobil.



Tips No 1 – Aki mobil butuh diganti.

Aki mobil pada umumnya dapat bertahan hingga 4 tahun. Ganti aki dengan yang baru saat jadwal penggantian telah tiba.

Tips No 2 – Pengecekan beban aki bulanan.

Pengecekan ini dapat dilakukan di bengkel mobil. Pengecekan ditujukan untuk memeriksa apakah aki mobil masih dapat manghasilkan daya listrik sesuai spesifikasinya. Aki yang kekurangan daya akan mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan.

Tips No 3 – Bersihkan kotoran di terminal aki.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan air. Gunakan sikat kawat untuk membersihkan kerak menggunakan campuran tersebut.

Tips No 4 – Pastikan kabel aki terikat erat.

Pastikan kabel terhubung ke terminal dan terikat erat. Kabel yang kendor dapat memutus hubungan listrik dari aki, membuat mobil tidak mendapat pasokan listrik.

Tips No 5 – Tempatkan aki pada dudukannya.

Pastikan aki diposisikan dengan benar pada dudukannya. Posisi yang tidak tepat dapat merusak aki dan komponen lainnya.

Tip No 6 – Periksa elektrolit aki.

Periksa cairan elektrolit secara berkala. Level elektrolit tidak boleh kurang dari batas yang tertera pada aki.

Tip No 7 – Hati-hati saat menambahkan air distilasi.

Saat level elektrolit turun, Anda harus menambahkan air distilasi (air suling). Hati-hati saat mengisinya. Asam dari aki dapat membakar pakaian dan membahayakan kulit jika sampai terpercik.

Tip No 8 – Selama mengecek aki.

Saat mengecek aki pastikan Anda tidak merokok atau terdapat nyala api di sekitar Anda. Aki mobil mengandung bahan kimia yang mudah terbakar.

Tip No 9 – Hindari overcharging.

Saat men-charge (menyetrum) aki yang mati, pastikan jangan sampai men-charge terlalu lama. Terlalu lama men-charge aki dapat menyebabkan kerusakan komponen aki.

Read more →

Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer



Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer merupakan tampilan-tampilan racer yang sudah kesekian kalinya, namun untuk memenuhi hasrat penggemar akan modifikasi seperti ini kami coba dengan tampilan Cafe Racer yang baru, coba lihat tulisan di bodi custom CB100 cafe racer ini?

Sempat terpikirkan kalau si pemilik adalah Cristiano Ronaldo. Karena ada tulisan CR-7 yang identik dengan jagoan dari klub Real Madrid itu. Bukan, woi! Pemilik malah enggak kenal dengan si ganteng tadi, CR-7 bagi dirinya punya arti sendiri. 

Tulisan CR-7  itu mempunya arti cafe racer nomor 7. "Sebab si pemilik adalah penggemar angka 7, makanya diberi tulisan seperti itu. Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer ini tidak ada hubungan dengan bola," lantang Taufik, dari KCSM Garage, Denpasar, Bali.

Setelah dengar penjelasan itu terjawab sudah rasa penasaran akan tulisan tadi. Tapi, mengenai apa ubahan yang dilakukan Taufik terhadap motor milik Kadek ini tetap menaik dibahas. Sebab karyanya tergolong dikonsep dengan sangat apik. Lalu dibikin tuntas lewat detail sempurna.

Untuk rangka, Taufik ogah menggunakan standar. "Seluruh frame dibuat ulang. Bahan menggunakan pipa berdiameter 27,5 mm. Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer dengan rangka baru seperti ini, dimensi motor bisa pas didapat. Meski rangka dipastikan kalau sekarang lebih pendek dibandingkan aslinya," lanjut pria gempal ini.

Pindah ke lengan ayun. Taufik lebih suka pilih pakai copotan Honda Tiger. "Tapi, harus dipotong terlebih dulu supaya pas dengan dimensi baru motor yang dibuat ini," lanjut pria yang buka bengkel dan toko di Jl. WR Supratman No. 67, Denpasar, Bali.

Sementara pelek, memang Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer ini juga membutuhkan ban dengan lebar telapak sedikit lebih besar dibandingkan standar. "Karena lebarnya, enggak terlalu ekstrem, masih banyak pilihan pelek variasi. Kami enggak perlu custom," tandas pria asal Kalimantan Barat ini.

Giliran ngomong roda. Depan pakai pelek lebar 3 inci, sementara belakang hanya pakai 3,5 inci. "Dengan ukuran segitu, motor diyakini sudah terlihat menjadi lebih gagah," tambahnya.



setelah berhasil membuat tangki,dan buntut khas cafe racer, lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda GL-Pro Ala HL Taufik tinggal memilih pernak-pernik pendukung.

"Konsepnya harus rapi dan mendukung tema. Coba lagi lihat knalpot, deh! Pipa gas baung itu sudah dibungkus supaya menjadi lebih bersih dan layaknya sebuah motor besar," cerita builder rajin ikut contezt modifikasi ini.

Urusan pemilihan kelir, terlihat Taufik ingin adopsi style yang banyak dijumpai pada motor Amerika, Harley-Davidson lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar 220 Ala Moge Sporty. Warna oranye yang dikombinasi hitam ini  memang sudah menjadi ciri motor tadi.

"Memang rasanya dengan warna ini kesan H-D-nya dapat, cocok juga dengan konsep cafe racer yang dibuat tadi," bebernya.

Kalau bicara komponen, memang ada sih dari H-D yang ikutan dipasang. Persisnya lampu utama di depan. "Itu pakai head lamp H-D, tapi dicustom karena sekarang menggunakan HID," lanjut pria berkulit bersih ini lagi.

Sementara itu beberapa komponen yang dipasang malah diambil dari limbah moge. Wajar saja karena dia memang terkenal sebagai salah satu juragan limbah di wilayah Bali. Misalnya saja kaliper yang sekarang sudah pakai spek 6 piston.

Eits, ada lagi! Setang atau batang kemudi pada Modifikasi Honda CB100 Cafe Racer ini juga diambil dari limbah moge. Ini kali Taufik menggandalkan punya Yamaha R1. Bagaimana?

DATA MODIFIKASI
 Ban depan: Battlax 120/70-17
Ban belakang: Battlax 150/60-17
Pelek: Champ
Upside down: Variasi Thailand
Sok belakang: YSS
Teromol: NSR
Setang: Yamaha R1
Read more →

Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL



Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL merupakan hasil kreasi yang sudah tidak asing lagi bagi anda penggemar motor modifikasi, karena ini merupakan tampilan yang sudah kesekian kalinya, nama bengkel Hantu Laut (HL) lebih dulu terkenal di komunitas drag VW.

Tapi, saat ini bengkel di bawah  koordinasi Donny Batax ini juga sedang intens dengan roda dua. Fokusnya dengan tampilan chopper dan cafe racer lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940.  Hebatnya, bengkel ini berani mengklaim punya style dan ciri khusus yang pasti bisa ditemui di semua karya modifnya.

"Kami ingin ketika hasil Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL sudah di jalanan, orang langsung tahu kalau itu keluaran HL, bukan dari bengkel A atau bengkel B," pasti Donny bersemangat.

Omong-omong apa sih cirinya itu, Bro?  "Ciri yang pertama, rangka utama yang di bawah tangki dibikin naik atau lebih tinggi dari standar," tegas Donny yang juga bilang kalau ketinggian sudah disesuaikan dengan postur si pemilik dan juga dimensi utuh motor.

Akibat Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL seperti ini, jarak antara rangka dan bagian atas mesin jadi lebih lebar dari semula. "Enggak masalah sebab memang ruang kosong seperti itu cocok buat gaya chopper seperti ini," lanjut pemilik bengkel di Jl. H. Nawi, Gg. H. Jeni, No. 78, Jakarta Selatan ini.

Sedangkan ciri berikutnya adalah adanya bentuk segitiga kosong di bawah jok. "Saya sebutnya rangka cangcut karena segitiga mirip celana dalam," kekeh pria berpostur tegap ini.

Donny kukuh mempertahankan seperti ini karena mempunyai filosofi yang kuat. "Saya enggak mau menutupi hal yang jelek seandainya ada, karena itu biarkan saja rangka terbuka dan bisa dilihat semua orang. Enggak ada yang ditutupi cover bodi," cuapnya panjang lebar.

Dengan begini Donny yakin bisa tetap bertahan. "Jika enggak suka dengan ciri Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL seperti ini monggo cari bengkel lain," tegas pria berprinsip ini.

Selain ingin mengenalkan ciri dalam bentuk dan desain modifikasinya, Donny juga punya misi untuk ikut mengembangkan motif Indonesia lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar 220 Ala Moge Sporty. "Tapi, karena selama ini motif nasional itu identik dengan motif Jawa. Untuk itu saya ingin membuat sesuatu yang berbeda," lanjutnya.

Ini kali dia airbrush GL-Pro ini dengan hijau gold. "Warna ini mencirikan kampung halaman saya, Riau," lanjut pria asal Pekanbaru, Riau ini. Kelir ini memang acap juga dipakai dalam kain tenun atau songket dari ranah Melayu.

Selain itu di bagian tengah tangki juga dibuatkan semacam garis yang menggunakan motif batik. "Motif seperti itu jika didesain dengan pas juga cocok buat motor dengan aliran Modifikasi Honda GL- Pro Ala HL sangar seperti ini," tambah pria bertubuh gelap.

DATA MODIFIKASI
 Pelek depan: Variasi Thunder
Ban depan: Swallow 2,75x18
Pelek belakang: Custom 4x16 inci
Ban belakang: Pirelli 140/80-16
Sok belakang: Honda Grand
Sok depan: Honda Tiger
Tangki & setang: Custom
Read more →

Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940



Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940 merupakan hasil kreasi yang benar-benar bergaya seni, karena tampilan kali ini mengangkat tema drag klasik tahun 1940 an yang begitu jadul, sedikit kaget, ketika dihadapkan dengan motor era 1940-an. Begitu ditelusiri lebih dekat lagi, ternyata bukan cuy! Tampilan doang yang punya konsep ala pacuan drag era Perang Dunia II itu. Sebab, ini Honda CB200 1976.

G-G-Rand Custom Works (GGRCW) memang spesial dalam menggarap Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940. “Buat di CB200 ini, coba diterapkan konsep rangka pipa tirus. Bahannya dari pipa biasa yang ada di pasaran. Tapi tentunya harus dimodifikasi lagi,” ujar Fajar Anand, owner sekaligus punggawa GGRCW ini.

Maksudnya tirus, dari bulat lalu mengerucut di bagian ujung. Ini bisa dilihat dari setiap ujung pipa rangka yang diameternya mengecil. Bahkan pada bagian kemudi alias setang juga diterapkan sistem tirus. Berbeda jika dibandingkan motor sekarang  lihat juga tampilan lain Modifikasi Bajaj Pulsar Ala Moge Sporty, yang justru malah besar karena adanya stabilizer setang.

Yang jadi pertanyaan, apa fungsi rangka pipa tirus ini? “Pakai cara ini, bobot motor akan terpangkas. Jadi bisa dimanfaatkan untuk pasang part lain,” tutur pria yang workshop-nya di Jl. PU No.9, Samarinda, Kalimantan Timur.

Pipa rangka tirus yang memang menjadi kreasi murni pria akrab disapa Anand ini. Tapi, itu tidak lantas membuatnya puas. Demi mewujudkan ambisi Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940 ini beda dari yang lain, dia coba berinovasi kreatif lewat sektor suspensi.

Pada visualnya motor ini terlihat rigid. Karena penempatan suspensi leaf spring depan dan belakang nyaru menjadi tampilan sepatbor. Iya, per daun itu dibuat layaknya sepatbor kolong macam di motor sport Yamaha R1.

"Pelat ini diambil dari per mobil Land Rover. Dengan ketebalan kurang lebih 6 mm dan lebar 7 cm,” lanjut Pria yang aslinya dari Malang, Jawa Timur ini. Pemasangan pun tidak langsung plek. Leaf spring tadi diroll dan disusun ulang agar sesuai lingkar roda.

Untuk memperkuat konsep Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940 , kombinasi tangki klasik dengan sudut tajam dirasa sudah paling pas. Tidak ketinggalan, desain jok yang juga berbentuk serupa. Ini makin menguatkan kesan motor drag bike.

Eits, Ada yang aneh saat memegang kemudi atau setang. Em-Plus dibikin mencari tuas gas. “Gas sudah tidak lagi dipelintir. Melainakn digeser ke kanan pakai jempol tangan," katanya mantap. Mirip tuas gas ATV dong!

Jika diperhatikan areal belakang. Motor ini tidak memiliki as roda. Baut as pengunci tidak kelihatan karena tertutup pelat berbentuk bulat berwarna silver.

“Sebenarnya hanya untuk menutupi baut as roda. Sudah terkonsep dari bentuk pipa sasis,” singkat Fajar Anand. Diameter sasis belakang yang besar memang sedikit menggangu jika tidak ditutup. Karena kepala baut as roda akan kelihatan. Sehingga unsur rapi dan kebersihan motor drag ini akan sedikit tercoreng.

Mungkin yang dikatakan pria berkumis ini sesuatu hal kecil. Tapi detail untuk menutupi bagian yang dianggap kurang, patut diacungi jempol lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll.

Gitu juga dengan kreasi di rangka pada Modifikasi Honda CB200 Drag Klasik 1940 ini. Misalnya, di bawah jok. Rangka tirus dipadu detail berhiaskan pelat bolong dari besar ke kecil. Boleh juga alias boljug. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 70/70-17
Ban belakang : Swallow 120/70-18
Pelek depan : TK
Teromol belakang : Honda Tiger
Knalpot : Custom
Read more →

Saturday, August 27, 2011

Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011

Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011 ini untuk wilayah Jabodetabek yang kami pantau berdasar harga jual dari beberapa pusat penjualan motor dan onderdil Kawasaki. Harga berlaku untuk dealer-dealer resmi Kawasaki yang tersebar di Jabodetabek. Harga mungkin akan berbeda untuk toko spare part biasa atau bengkel-bengkel motor di wilayah Anda. Berikut saya sampaikan Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011. Honda CBR250R vs Kawasaki Ninja 250R

Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011:

Type

* Kawasaki Blitz Joy *

Kampas Rem Depan–90.000

Kampas Rem Belakang–35.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–33.000

Saringan Udara–15.000

Saringan Oli–13.000

Rantai Roda–115.000

Sproket Depan–55.000

Sproket Belakang–125.000

Piston–105.000

Ring Piston–120.000

Kabel Gas–21.000

CDI–300.000

Bohlam Lampu Depan–20.000

Bohlam Lampu Belakang–26.000

Bohlam Lampu Sein–10.000

Sokbreker Depan–563.000

Sokbreker Belakang–17.000

Paking Kepala Silinder–19.000

Paking Kopling (per buah)–19.000

Gasket Karburator–9.000

* Kawasaki Blitz R *

Kampas Rem Depan–90.000

Kampas Rem Belakang–35.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–33.000

Saringan Udara–15.000

Saringan Oli–13.000

Rantai Roda–115.000

Sproket Depan–45.000

Sproket Belakang–125.000

Piston–85.000

Ring Piston–110.000

Kabel Gas–21.000

Kabel Rem–93.000

CDI–300.000

Bohlam Lampu Depan–20.000

Bohlam Lampu Belakang–26.000

Bohlam Lampu Sein–10.000

Sokbreker Depan–563.000

Sokbreker Belakang–170.000

Paking Kepala Silinder–19.000

Paking Kopling (per buah)–19.000

Gasket Karburator–9.000

* Kawasaki Edge *

Filter Udara–15.000

Kampas Rem Depan–35.000

Kampas Rem Belakang–18.000

Rantai–75.000

Gir Depan–42.500

Gir Belakang–65.000

Bohlam Depan–38.000

Bohlam Belakang–38.500

Kabel Gas–26.000

Kampas Kopling–99.000

Piston–70.000

Ring Piston–84.000

* Kawasaki Kaze E & R *

Kampas Rem Depan–90.000

Kampas Rem Belakang–32.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–25.000

Saringan Udara–25.000

Saringan Oli–15.000

Rantai Roda–13.000

Sproket Depan–55.000

Sproket Belakang–45.000

Piston–58.000

Ring Piston–28.000

Kabel Gas–28.000

Kabel Rem–230.000

CDI–25.000

Bohlam Lampu Depan–45.000

Bohlam Lampu Belakang–10.000

Bohlam Lampu Sein–9.000

Sokbreker Depan–840.000

Sokbreker Belakang–14.000

Paking Kepala Silinder–22.000

Paking Kopling (per buah)–20.000

Gasket Karburator–9.000

* Kawasaki Ninja 150 *

Kampas Rem Depan–130.000

Kampas Rem Belakang–130.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–60.000

Saringan Udara–45.000

Rantai Roda–200.000

Sproket Depan–45.000

Sproket Belakang–69.000

Piston–192.000

Ring Piston–98.000

Kabel Gas–48.000

Kabel Kopling–29.000

CDI–90.000

Bohlam Lampu Sein–27.000

Sokbreker Depan–450.000

Paking Kepala Silinder–21.000

Paking Kopling (per buah)–30.000

Gasket Karburator–32.000

Kampas Rem Depan–205.000

Kampas Rem Belakang–205.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–80.000

Saringan Udara–45.000

Rantai Roda–1.150.000

Sproket Depan–45.000

Sproket Belakang–96.000

Piston–200.000

Ring Piston–98.000

Kabel Gas–50.000

Kabel Rem–33.000

CDI–360.000

Bohlam Lampu Belakang–38.000

Bohlam Lampu Sein–14.000

Sokbreker Depan–2.542.000

Sokbreker Belakang–2.542.000

Paking Kepala Silinder–108.000

Paking Kopling (per buah)–50.000

Gasket Karburator–78.000

* Kawasaki ZX 130 *

Kampas Rem Depan–130.000

Kampas Rem Belakang–25.000

Kampas Kopling Set (per lembar)–25.000

Saringan Udara–12.000

Saringan Oli–12.000

Rantai Roda–13.000

Sproket Depan–115.000

Sproket Belakang–45.000

Piston–55.000

Ring Piston–65.000

Kabel Gas–84.000

Kabel Rem–25.000

CDI–435.000

Bohlam Lampu Depan–20.000

Bohlam Lampu Belakang–26.000

Bohlam Lampu Sein–10.000

Sokbreker Depan–563.000

Sokbreker Belakang–170.000

Paking Kepala Silinder–19.000

Paking Kopling (per buah)–70.000

Gasket Karburator–17.000

Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011 berlaku untuk bulan Agustus hingga beberapa waktu kedepan. Harga bisa berubah setiap saat mengikuti perkembangan pasar dan nilai kurs rupiah serta mendekati lebaran tentu permintaan barang akan meningkat. Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Daftar harga Spare-part motor Kawasaki terkini 2011.

Read more →

Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” diluncurkan tanpa “R”

Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” diluncurkan tanpa “R” dan tetap menggunakan mesin 249 cc, dua silinder, dan transmisi 6-percepatan. Sistem asupan bahan bakar masih sama menggunakan karburator Keihin CVK30, berbeda dengan Honda CBR 250R yang dilakukan injeksi. Perubahan Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” hanya dengan menghilangkan huruf “R”. Alasannya, untuk Ninja 250R mempunyai nama lain di beberapa negara , yaitu EX250, GPX-250R, dan ZZR-250. Pemakaian huruf “R” (supersport) untuk membedakan dengan model street bike sebagai contoh Kawasaki Ninja 650R dan Ninja 400R adalah jenis supersport. Ninja 250 facelift tersedia tiga pilihan warna, yakni Passion Red, Metallic Spark Black, dan Candy Lime Green, dibanderol 4.199 dollar AS (Rp 35,8 juta) setiap unit, yang naik dari model lama dengan harga 3.999 dollar AS (Rp 34,1 juta).

Kawasaki Ninja 250R

Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” diluncurkan tanpa “R ”. Jika Anda bosan dengan body Kawasaki Ninja 250R, ada body kit yang dipasang harga Rp 8,5 juta. Cukup mahal karena setelah dipasang, dimensinya jadi berubah setara atau sebanding dengan Yamaha R6. Baru Motor Sport membuat sendiri perangkatnya dengan menggunakan bahan serat, satu set perangkat terdiri dari fairing depan, buritan, kondom tangki, sampai deltabox. Anda bisa menghubungi di 0819-1511-3717. Berita lain soal roda, kampas kopling bikinan CLD untuk bebek dan motor sport bisa Anda dapatkan. Tipe synter dijual dengan harga Rp 100.000 (bebek) dan Rp 125.000 (motor sport). Tipe paper base untuk bebek seharga Rp 125.000 dan untuk tipe motor sport kualitas di atas synter seharga Rp 175.000. Anda bisa kontak Saluyu Motor di Jalan Raya Kamarung No 191, Pagaden, Subang, Jabar atau di 0813-1319-9922.

.

Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” diluncurkan tanpa “R ” sebentar lagi. Kabar lain bagi pemilik Kawasaki Ninja 250R, ada dua komponen yang bisa diaplikasi untuk Kawasaki Ninja 250R, yakni, sokbreker YSS dengan beberapa fungsi, dan piston Wiseco untuk dongkrak tenaga lebih jos. Sok, bisa dipakai balap dan keseharian secara nyaman sesuai keterangan Tiga Saudar Motor (TSM) di Jl. Kebon Jeruk III, No.98A, Jakarta Barat, hal ini dikarenakan, komponen ini dilengkapi beberapa fitur untuk rebound. Rebound bisa diset lambat saat dipakai balap melalui permainan ulir derat penyetel jarak per di bagian atas sok untuk merubahnya. Ada juga fitur untuk menambah ketinggian sok terletak di bagian atas. Piston Wiseco juga untuk Ninja 250R tersedia disini dan AHRS telah melakukan uji coba untuk produk ini yang mampu meningkatkan performa. Piston Rp4,5 juta per set ini memiliki kualitas cukup bagus. Anda bisa datang di AHRS Racing Product di Jl. Tole Iskandar No.162, Depok Timur / hubungi di (021) 77820649. Demikian info singkat mengenai Kawasaki Ninja 250R ” Facelift ” diluncurkan tanpa “R ”.

Read more →

Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll



Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll adalah subuah tampilan yang sangat menawan, ini merupakan hasil dari jari-jari tangan yang penuh dengan kecerdasan, Turun di kelas fashion standar yang regulasinya cuma boleh pasang variasi bolt-on tanpa mengubah bodi dan rangka, banyak orang bilang mudah. Tapi, tetap harus cerdas pilih variasi juga tema modifikasi yang diangkat.

Makanya di ajang MOTOR Plus Skubek Contezt 2011 (21-22/1) kemarin, Honda Scoopy 2010 milik Willy Dresskandar yang usung tema Rock N Roll era 80-an lihat juga tampilan Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR, pantas dinobatkan sebagai pemenang di kelas itu.
 




Tema ini menyesuaikan skubek Scoopy yang modelnya klasik. Saya  tuangkan lewat gambar ke-3 ciri grup musik terkenal di era itu, yaitu Rolling Stones, Queen dan Kiss. Biar indah, Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll ini diserahkan ke istri saya Dewi Rachel," ujar pemilik toko  F-16 Motor dari Jl. Ciledug Raya, No 16, Tangerang.

Willy sendiri mengaku hanya memberi masukan soal gambar airbrush di bagian depan hingga bodi samping. Ciri-cirinya bisa dilihat pada lambang lidah menjulur Rolling Stones, lagu Queen Crazy Little Thiny Called Love dan gambar vokalis Kiss Paul Stanley.


Sedang sentuhan kewanitaan bisa dilihat dari pemasangan Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll ini pada setang, braket batok lampu depan, sok depan-belakang hingga pemilihan pelek serta ban ring 12 inci berikut pernik pemanis pada roda.

Bahkan desain knalpot model terompet yang belum pernah ada dan dilihat sebelumnya. Menurut pengakuan bapak 3 anak ini, berkat masukan atau ide dari istri sendiri. "Justru kalau tidak dilibatkan, mungkin hasilnya tidak sebagus ini," kenang Willy.

Kalau lihat hasil dari Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll ini, ada dua konsep utama saat builder kasih sentuhan airbrush buat motornya. Pertama, motor jadi media estetika sang seniman, kedua freehand brush jadi pemanis atau bumbu tambahan agar customized bisa menjadi lebih nongol.

Yang pertama punya risiko! Jika enggak pas, airbrush bisa 'menelan' keindahan bodywork yang ada lihat juga tampilan lain Modifikasi Honda scoopy Ala Valentino Rosi. Nah, inilah yang jadi tantangan builder F-16 kali ini.

Dominasi estetika kelir nuansa pop art bisa 'berdamai' dengan jarahan bodi pada umumnya. Di sisi ini juri cukup mengapresiasi karena walau terkesan Modifikasi Honda Scoopy Rock N Roll ini terlihat padat sekaligus ramai tapi tetap masih enak untuk dinikmati. 

DATA MODIFIKASI
Pelek depan : Rotora 12 inci
Pelek belakang : Aftermarket custom 12 inci
Adaptor sok : Variasi
Sok belakang : KTC
Read more →

Modifikasi SuzukiSatria F150 Ala FXR



Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR merupakan hasil kreasi yang tak kalah menariknya dari tampilan-tampilan lain, ini Suzuki Satria F-150 yang ingin ganti tampilan macam motor batangan alias motor laki atawa motor sport. Modifikasi yang dilakukan Baru Motor Sport (BMS) ini bisa dijadikan acuan. Sebab, banyak ilmu dan trik yang disampaikan bagi yang ingin mencobanya.

Pertama dilakukan tentu ubahan rangka lihat juga tampilan lain Modifikasi Suzuki SHogun Ala Yamaha X1R. Frame standar mesti diistirahatkan jika ingin dapat bentuk sport sejati yang ditandai dengan bentuk rangka lengkap dengan deltabox.

Desain rangka Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR ini seperti itu gampang kok. Tinggal pakai punya Suzuki FXR. Apalagi motor sport berkapasitas silinder 150 cc itu pernah ada meski sudah discontinue alias tidak diproduksi lagi oleh Suzuki Indonesia," kata Ariawan Wijaya, menjelaskan trik yang dilakukannya.

Keuntungan lain pakai rangka Suzuki FXR adalah posisi engine mounting tidak terlalu banyak berbeda untuk mesin Satria F-150. "Dengan begitu, tidak perlu direpotkan lagi dengan membuat dudukan atau pegangan mesin yang baru jika bikin ulang rangka. Demi kenyamanan saat riding, pegangan mesin itu harus paten supaya tidak getar," kata ayah satu anak ini.

Ari mengaku rupanya kurang yakin jika masalah komponen utama Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR seperti pegangan mesin ini  dibuat baru atau dibikin ulang semuanya. Sebab memang jika kurang pas atau posisinya miring dan tidak center dengan rangka juga pengangan kaki-kaki bisa fatal akibatnya.

Hal lain lagi yang menjadi keuntungan dengan penggantian rangka tadi adalah untuk tangki. Tangki bensin punya FXR bisa dimanfaatkan. "Karena pakai tangki yang sama dengan deltabox, sudah aman. Berkurang satu urusan yang kadang juga bisa bikin ribet," tambah pemilik bengkel di Jl. Palmerah Barat, Jakarta Barat ini.

Namun biar tangki standar itu sesuai dengan konsep streetfighter yang diinginkan, beberapa bagian bantuk dimodifiaksi ulang supaya sesuai dengan tema. Kata pria asal Rembang, Jawa Tengah ini, tangki pada Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR ini didesain ulang dengan fiberglass kemudian dijadikan semacam kondom. Tapi, kondom tadi sudah dibuat mati dengan tangki asli pada bagian dalamnya.

Sementara buat rangka belakang, baru kemudian Ari membuat ulang dengan menggunakan pipa seamless. "Bentuknya dibuat agak sedikit nungging dan juga lebih pendek dibanding versi aslinya," tambah Ari yang lagi banyak order ini.

Lalu untuk bodi tetap menggunakan fiberglass lihat juga tampilan lain Modifikasi Suzuki Satria F-150 Airbrus Grafis. Dengan bentuk seperti ini, maka tongkrongan atau gaya yang identitas bebek Hyperunderbone ala Satria F- 150 hilang sudah.

Karena ingin menampilkan sosok motor macho dan gagah, Ari merasa perlu ada pembenahan total untuk urusan kaki-kaki. Limbah moge jelas pilihan paling gampang.Selama ada budget untuk membelinya, tentu bukan masalah.

Hanya saja, pasang swing arm Suzuki GSX 1000 bukan perkara gampang. "Karena, arm moge yang mau dimasukkan ke rangka bebek memang masih dirasa terlalu lebar," beber Ari dari Baru Motor Sport.

Alhasil lengan ayun yang disuruh mengalah. "Kita Modifikasi Suzuki Satria F150 Ala FXR ini bagian depan atau pegangan ke rangka jadi lebih kecil. Tentu ada maksud dan tujuannya. Yakni, agara arm tadi bisa masuk dan tetap aman. Dengan begitu, tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung. Arm jadi enggak bisa dipakai atau terpaksa dipindah ke motor lain," beber modifikator sekaligus owner yang lulusan Australia ini.

DATA MODIFIKASI
 Ban depan: Metzeler 120/60-17
Ban belakang: Metzeler 180/55-17
Pelek: Yamaha R6
Upside down: Kawasaki ZX 10
Swing arm: Suzuki GSX 1000
Monosok: Suzuki GSX 1000
Setang: Baros
Tutup tangki: Desmo-work
Knalpot: R9
Read more →

Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R



Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R merupakan karya terbaik yang tak pernah ada di negeri ini, karena perubahannya sangat sulit dan jarang ditemui, mengubah tampilan motor dari bebek biasa menjadi futuristik dan bergaya sporty, Rico Anggi sempat pusing. Tapi nggak sampai pecah ndase.

Tentu ada sebabnya. "Karena rada susah memang cari bodi Suzuki yang berkesan futuristik sesuai selera saya yaitu Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R ini," kata Rico.

Akhirnya dia nekat comot punya Yamaha lihat juga tampilan lain Modifikasi Kawasaki KLX 250 Ala Aprilia SXV. Pilihannya bodi depan dari Yamaha X1R. Motor ini tidak bisa dijumpai di sini karena beredarnya di Thailand. 

Rico untuk Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R ini pakai bodi depan lengkap sampai lampu utama. "Itu asli lho, artinya materialnya plastik. Saya tinggal sesuaikan dudukan untuk melekatkan bodi," cerita pemuda 20 tahun ini.

Tapi, untuk urusan bodi belakang pada Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R ini dia berani sedikit ekstrem. Rangka buritan dipotong lebih pendek. "Acuan ini kali buntut Aprilia RS," tambahnya.

Masih menurut Rico, buntut dengan banyak sudut seperti ini pastinya menunjang konsep masa depan tadi lihat juga tampilan lain Modifikasi Suzuki Satri FU150 Ala Transformer. "Bahan fiberglass, lebih enteng," celetuk Rico.

Tapi, sayang sepertinya Rico terlalu semangat mencontek bodi motor asal Italia itu. Kalau menurut MOTOR Plus, desain sepatbor yang dipiilih, rasanya kurang pas dengan konsep bebek seperti ini.

Selain itu dia juga menceritakan bukti Modifikasi Suzuki Shogun Ala Yamaha X1R ini totalnya meniru sosok gagah Aprilia. "Bahkan sampai ke cat yang juga pilih warna yang biasa dipakai atau sudah menjadi ciri Aprilia. Enggak ada salahkan kalau tampilan Suzuki sudah hilang total," tegas Rico yang juga seniman lukis ini.

DATA MODIFIKASI
 Ban depan: FDR 90/80-17
Ban belakang: Swallow 140/60-17
Pelek depan: Rossi
Pelek belakang: Axio
Swing arm: R Pro
Read more →

Mendeteksi Speleng Cakram

Mendeteksi Speleng Cakram

Speleng bukan cuma kejadian di ban depan belakang. Piringan atau cakram pasti kena putaran nggak benar. Di Pabrik biasa dideteksi dengan dial-gauge.

Perubahan Pada Cakram Belakang Scorpio

Untuk Anda yang tidak memiliki alat tersebut dapat menggunakan spidol. Pertama coret garis vertikal. Enggak usah banyak, cukup setengah keliling cakram. Supaya tidak repot jarak garis bikin rapat saja. Panduan Pasang Cakram Belakang Di Yamaha Byson



Sesudah dicoret, putar ban dengan tangan. Biarkan ban sampai berhenti, kemudian lihat kondisi garis. Putaran cakram normal kalau coretan terhapus, berarti terkena gesekan kampas rem. Bila masih ada garis yang tebel, maka putaran cakram tidak normal. Kemudian dicek apakah penyebab cakram speleng, mungkin baut cakram atau kaliper yang bermasalah.





Read more →

Mendeteksi Speleng Cakram

Mendeteksi Speleng Cakram

Speleng bukan cuma kejadian di ban depan belakang. Piringan atau cakram pasti kena putaran nggak benar. Di Pabrik biasa dideteksi dengan dial-gauge.

Perubahan Pada Cakram Belakang Scorpio

Untuk Anda yang tidak memiliki alat tersebut dapat menggunakan spidol. Pertama coret garis vertikal. Enggak usah banyak, cukup setengah keliling cakram. Supaya tidak repot jarak garis bikin rapat saja. Panduan Pasang Cakram Belakang Di Yamaha Byson



Sesudah dicoret, putar ban dengan tangan. Biarkan ban sampai berhenti, kemudian lihat kondisi garis. Putaran cakram normal kalau coretan terhapus, berarti terkena gesekan kampas rem. Bila masih ada garis yang tebel, maka putaran cakram tidak normal. Kemudian dicek apakah penyebab cakram speleng, mungkin baut cakram atau kaliper yang bermasalah.



TAG: mio modif jupiter z modifikasi mobil modifikasi modifikasi supra holden jadul gaul photografer satria fu air brush modif body ki mega pro motor mogok kena hujan modifikasi motor mio body custom jupiter mx sticker suzuki satria f150 pelek tk balap liar drag



Read more →

Biangnya Knalpot Motor Sering Menembak

Biangnya Knalpot Motor Sering Menembak

Ketika suara dari knalpot motor kita terdengar "menembak" saat Anda sedang berkendara, tentunya hal ini sangat menjengkelkan, apalagi orang yang berkendaraan pas di belakang kita akan terkaget mendengar "tembakan suara knalpot". Gejala seperti itu membuat laju motor menjadi tidak lancar alias tersendat-sendat. Trik Pacman Djawa Mendeteksi Kebocoran Knalpot Motor

Ledakan ringan pada knalpot Suzuki Satria FU 150cc

Solusi paling cepat dan aman, segera bawa motor ke bengkel. Tak ada salahnya juga kalau Anda perlu mengetahui biang penyebabnya supaya Anda sudah paham atau tidak dibohongi ketika membawa motor ke bengkel. "Ada beberapa hal yang menyebabkan timbul suara ledakan dari knalpot," ucap Rusiyanto dari divisi teknik PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).



Cuk atau "choke"

Jika Anda lupa menutup cuk saat menghidupkan mesin di pagi hari, nah, saat jalan, pembakaran yang terjadi tidak sempurna akibat campuran bensin yang terlalu banyak. "Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan berakibat pada usia busi. Selain itu, busi cepat mati karena cenderung basah oleh bensin," beber Abdul Rohim, mekanik dealer Honda Wahana Makmur Sejati.



Busi

Komponen ini bisa menyulut timbulnya suara ledakan lantaran kondisi komponen tersebut sudah mau mati. Biasanya, menurut Abdul Rohim, itu terjadi karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak. Jika dipakai terus, maka muncul gejala seperti kerusakan di komponen suplai udara bersih. Akibatnya, campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna.



Karburator

Sekarang ini tak sedikit motor yang mengaplikasi karburator model vakum atau beken disebut velocity constanly (VC). Skep digerakkan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Makanya, jangan biarkan karet tersebut aus. Kalau sampai aus, maka proses kevakuman jadi tidak sempurna. Ini yang menyebabkan mesin brebet saat motor dibetot.



Suplai udara

Suara ledakan bisa juga muncul akibat ada kerusakan pada bagian penyuplai udara bersih ke ruang bakar. Gejalanya, suara tidak enak timbul ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh. Makanya, saat putaran mesin turun, munculah suara ledakan. "Jadi, pastikan AIS (air secondary system) berfungsi sempurna," saran Rustiyanto.

Read more →

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat