Wednesday, April 18, 2012

14 Merek Helm Teraman di Indonesia

img London - Hampir semua helm yang dijual di pasaran diklaim sebagai helm yang paling aman. Tapi, dari sekian banyak helm yang beredar, helm-helm apa sajakah yang sebenarnya pantas menyandang gelar helm teraman?

Departemen Transportasi Inggris mengumumkan hasil kajian mereka dari seluruh helm yang beredar. Kajian yang masuk dalam Safety Helmet Assessment and Ratings Programme (SHARP) kemudian diberi rating untuk menemukan helm mana yang mendapat rating keamanan tertinggi disana.

Ada 261 helm yang dites. Hasil tes kemudian diumumkan oleh Menteri Keselamatan Jalan Inggris Mike Penning.

"Saya akan mendesak siapa pun untuk berpikir sebelum membeli helm baru menjelang awal musim panas untuk memeriksa situs SHARP sebelum membuat keputusan mereka," ujarnya dalam siaran pers.

"Sebuah helm dengan rating tinggi SHARP akan memberikan perlindungan terbaik dalam hal kecelakaan sehingga sarannya layak diperhatikan sebelum Anda membeli," tambahnya lagi.

Pada kajian ini, SHARP mengharuskan setiap helm yang diuji untuk memenuhi standar minimum keamanan di Inggris.

Setelah dites, helm-helm yang diuji kemudian diberi rating 1-5 bintang yang merepresentasikan kinerja keselamatan setiap helm.

Pengujian dan pemberian rating ini dianggap penting karena meski hanya mewakili sekitar 1 persen dari total pengguna jalan di Inggris, korban kecelakaan motor tergolong tinggi yakni mencapai 21 persen dari total kecelakaan disana.

Ada 403 pengendara sepeda motor yang tewas di jalan-jalan Inggris pada 2010. Kebanyakan korban kecelakaan disana berujung pada kematian dan luka serius di bagian kepala yang membuat pemilihan helm yang tetap dianggap sebagai salah satu cara mereduksi hal negatif ini.

Berikut daftar 14 helm teraman di Inggris:

Helm Full Face


  1. G-Mac Mechanoid
  2. KBC VR4R
  3. KBC VR
  4. Marushin RS2 Carbon
  5. Nitro N1900 VF Carbon
  6. Nitro Evo Carbon FF
  7. Schuberth SR1
  8. Scorpion Exo 500 Air
  9. Spada Evolution



Helm System (Flip)

10. Bell M10
11. Laser Monaco
12. Nitro F341-VN
13. Spada Tucana
14. ViperRS-V115

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat