Setelah bahas  komparaski kelas skutik dan motor sport nanggung, sekarang yuk bahas  komparasi antar bebek kelas atas alias bebek super. Merek pesertanya pun  ya jelas cuman itu-itu aja Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki.  Komparasi ini buat menyambut datangnya si New Jupiter MX yang udah ganti  rupa lebih sporty (klaim pabrikan).
Yamaha New Jupiter MX


Pabrikan garpu tala  kayaknya makin semangat + pede aja gelontorin produk-produk baru, selain  itu produk tua mereka juga mulai kena facelift semua, dari Jupiter Z,  Vixion, Scorpio, sampai datangnya si fenomenal Yamaha Byson. Sekarang MX  pun kena ubahan meski gak radikal tapi cukup diacungin sepuluh jempol  karena sudah mengaplikasi cakram belakang, bayangkan sudah puluhan tahun  Yamaha berkiprah di Indonesia jualan segala macem motor baru kali ini  mereka berani pasang cakram belakang, apa gak hebat tuh?? (ngecee…hihi)

Ubahan disektor bodi  bagian fairing kini lebih besar ketimbang MX lama, selain itu ada  penambahan spatbor belakang buat melindungi kolong jok dari cipratan  kotoran. Knalpot sebenarnya masih sama cuman “hiasanya” aja yang beda  pada pelapis kromnya sedikit dikecilin. Dan dibagian muka yang paling  beda, lampu sein depan lebih menyipit jadi lebih sangar diliat.

Gosip-gosip si New  Jupiter MX ini bakal dibanderol sekitar Rp15.825.000 (naik 350rebu) di  Jakarta. Kalau bener cuma naik segitu pantes aja yang diubah hanya  tampilan luarnya doang, mesin masih sama 135cc tapi tenaganya naik loh  jadi 9,21 kw atau sekitar 12 dk lebih dikit lah. Nyaris sama dengan  Honda CS-1 yang 12,8 dk, tapi tenaga New Jupiter MX dapat dicapai di  8500 rpm, kalau CS-1 baru bisa di 10.000 rpm, ya maklum kapasitasnya  lebih gede. Tapi lonjakan tenaga cuma segitu rasanya masih kurang  nendang mengingat nih motor bener-bener masih fresh from oven ketimbang  CS-1 yang sudah lebih dulu nongol.
Ni dia spesifikasi New Jupiter MX:• Harga : Rp15.825.000,- (estimasi)
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
• Tinggi Tempat Duduk : 775 mm
• Jarak Antar Roda : 1.255 mm
• Jarak Ke Tanah : 130 mm
• Kapasitas Tangki : 4 Liter Berat Isi : 116 kg
• Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
• Diameter Langkah : 54,0 x 58,7 mm
• Kapasitas Silinder : 134,4 cc
• Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
• Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1
• Power Max : 9.21kW (12,43dk) / 8500rpm
• Torsi Max : 12,14 Nm / 6000 rpm
• Oli Mesin : Total 1.150 Liter
• Transmisi : Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
• Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
• Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
• Tipe Rangka : Diamond
• Suspensi Depan : Teleskopik
• Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
• Rem Depan : Cakram
• Rem Belakang : Cakram
• Ban Depan : 70/90-17M/C 38P
• Ban Belakang : 100/70-17M/C 49P
 Honda CS-1
 Pabrikan  motor sejuta umat ini tergolong rada nekat dalam ngedisain motor bebek  super mereka, jika sebelumnya dithailand memproduksi Sonic dengan disain  ala “ayam jago” pas muncul di Indonesia malah diganti CS-1 berdisain  ala crossover. Padahal motor Sonic thailand sangat laris manis di tangan  IU (Importir Umum) tapi kenapa si Honda malah ngeluarin CS-1 yah?…  Meski dengan bentuk rada nyleneh toh lama-lama diterima masyarakat juga.  Kayak temenku yang loyalis Honda, sebenarnya dia kepincut sama Honda  Sonic keluaran terakhir tapi berhubung musti beli di IU yang harganya  selangit ya sudah akhirnya milih beli CS-1.
Pabrikan  motor sejuta umat ini tergolong rada nekat dalam ngedisain motor bebek  super mereka, jika sebelumnya dithailand memproduksi Sonic dengan disain  ala “ayam jago” pas muncul di Indonesia malah diganti CS-1 berdisain  ala crossover. Padahal motor Sonic thailand sangat laris manis di tangan  IU (Importir Umum) tapi kenapa si Honda malah ngeluarin CS-1 yah?…  Meski dengan bentuk rada nyleneh toh lama-lama diterima masyarakat juga.  Kayak temenku yang loyalis Honda, sebenarnya dia kepincut sama Honda  Sonic keluaran terakhir tapi berhubung musti beli di IU yang harganya  selangit ya sudah akhirnya milih beli CS-1.
 Pabrikan  motor sejuta umat ini tergolong rada nekat dalam ngedisain motor bebek  super mereka, jika sebelumnya dithailand memproduksi Sonic dengan disain  ala “ayam jago” pas muncul di Indonesia malah diganti CS-1 berdisain  ala crossover. Padahal motor Sonic thailand sangat laris manis di tangan  IU (Importir Umum) tapi kenapa si Honda malah ngeluarin CS-1 yah?…  Meski dengan bentuk rada nyleneh toh lama-lama diterima masyarakat juga.  Kayak temenku yang loyalis Honda, sebenarnya dia kepincut sama Honda  Sonic keluaran terakhir tapi berhubung musti beli di IU yang harganya  selangit ya sudah akhirnya milih beli CS-1.
Pabrikan  motor sejuta umat ini tergolong rada nekat dalam ngedisain motor bebek  super mereka, jika sebelumnya dithailand memproduksi Sonic dengan disain  ala “ayam jago” pas muncul di Indonesia malah diganti CS-1 berdisain  ala crossover. Padahal motor Sonic thailand sangat laris manis di tangan  IU (Importir Umum) tapi kenapa si Honda malah ngeluarin CS-1 yah?…  Meski dengan bentuk rada nyleneh toh lama-lama diterima masyarakat juga.  Kayak temenku yang loyalis Honda, sebenarnya dia kepincut sama Honda  Sonic keluaran terakhir tapi berhubung musti beli di IU yang harganya  selangit ya sudah akhirnya milih beli CS-1.Meski hanya  berkapasitas 125cc, tenaga yang dikeluarkan masih mengungguli New  Jupiter MX tapi masih kalah jauh dengan Suzuki Satria FU150. Harganya  pun cuman terpaut 150rebu lebih murah ketimbang Satria FU150. Jadi bebek  super ini rasanya masih kemahalan diantara bebek-bebek lain. Keunggulan  CS-1 itu pada desainya yang menurutku rada nyentrik jadi bikin  pemakainya tampil beda dibanding rider lainya yang mempunyai bebek  berdisain gitu-gitu aja.
Spesifikasi lengkap CS-1:• Harga : Rp17.190.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang X lebar X tinggi : 1.923 x 682 x 1.042 mm
• Jarak Sumbu Roda : 1.251 mm
• Jarak terendah ke tanah : 130 mm
• Berat kosong : 114 kg
• Tipe rangka : Twin Tube Frame
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : Tunggal ( Monoshock )
• Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
• Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
• Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
• Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendingin air
• Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
• Volume langkah : 124,7 cc
• Perbandingan Kompresi : 10,7 : 1
• Daya Maksimum : 12,8 PS / 10.000 rpm
• Torsi Maksimum : 1.04 kgf.m / 7500 rpm
• Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
• Kopling Otomatis : Manual. multiplate wel clutch
• Gigi Transmsi : 5 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
• Starter : Electrik Starter & Kick Starter
Suzuki Satria FU150
 Pabrikan  huruf S ini rada merana nasib penjualanya jika dibandingkan Honda dan  Yamaha terpaut jauh meskipun juga belum kesalip sama pabrikan si ijo  Kawasaki. Tapi penjualan produk Satria FU150 termasuk laris manis bak  kacang goreng. Meskipun harganya paling mahal diantara semua bebek di  Indonesia, teknologi yang ditawarkan cukup hebat dengan harga segitu.
Pabrikan  huruf S ini rada merana nasib penjualanya jika dibandingkan Honda dan  Yamaha terpaut jauh meskipun juga belum kesalip sama pabrikan si ijo  Kawasaki. Tapi penjualan produk Satria FU150 termasuk laris manis bak  kacang goreng. Meskipun harganya paling mahal diantara semua bebek di  Indonesia, teknologi yang ditawarkan cukup hebat dengan harga segitu.Dibanding CS-1, dengan  nambah duit 150 rebu saja sudah dapet bebek sport berkapasitas 150cc,  desain ayam jago kampung, tenaga jauh lebih dahsyat, tapi paling haus  bensin. Dengan tenaga standar 16dk butuh oprekan ekstrim buat nandingi  si Satria FU150 ini jika memakai bebek lain kayak New Jupiter MX dan  CS-1 apalagi si Athlete. Bentuk palang pelek Satria FU150 juga termasuk  desain paling favorit dan sempat jadi tren dikalangan modifikasi mania  sehingga juga termasuk barang yang dicari oleh motormania tanah air.  Lampu depan yang berdisain ala GSX600 juga jadi barang rebutan  dikalangan modifikator lokal.
Jadi satu-satunya  kelebihan dan kelemaha si Suzuki Satria FU150 ini ada dimesin itu  sendiri, tenaganya paling gambot sekaligus paling boros bensin.
Nih spesifikasi Satria FU150:
• Harga : Rp17.340.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang Keseluruhan : 1.945
• Lebar Keseluruhan : 652
• Tinggi Keseluruhan : 941
• Berat Kendaraan : 95kg
• Mesin : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup
• Kapasitas Silinder : 147,3cc
• Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
• Daya Maksimum : 16 Ps/9.500rpm
• Torsi Maksimum : 1,27Kgm/8,500rpm
• Karburator : MIKUNI BS 26 – 187
• Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
• Transmisi : 6 Percepatan
• Arah Perpindahan Gigi : 1 Ke bawah, 5 Ke atas
• Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
• Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
• Rem Depan / Rem Belakang : Cakram / Cakram
• Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
• Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
• Tangki Bahan Bakar : 4,9liter
Kawasaki Athlete• Harga : Rp17.340.000,- (OTR Jakarta)
• Panjang Keseluruhan : 1.945
• Lebar Keseluruhan : 652
• Tinggi Keseluruhan : 941
• Berat Kendaraan : 95kg
• Mesin : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-katup
• Kapasitas Silinder : 147,3cc
• Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
• Daya Maksimum : 16 Ps/9.500rpm
• Torsi Maksimum : 1,27Kgm/8,500rpm
• Karburator : MIKUNI BS 26 – 187
• Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
• Transmisi : 6 Percepatan
• Arah Perpindahan Gigi : 1 Ke bawah, 5 Ke atas
• Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
• Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
• Rem Depan / Rem Belakang : Cakram / Cakram
• Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
• Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
• Tangki Bahan Bakar : 4,9liter


“murah meriah” itu  senjata utama buat bebek-bebek pabrikan Kawasaki Indonesia buat nandingi  keperkasaan trio jepun lainya. Kawasaki Athlete merupakan motor ayam  jago tulen versi murah dari Suzuki Satria FU150. Jadi bagi biker yang  kepincut motor Satria FU150 tapi gak punya duit 17jeti ya sudahlah  nyemplak Athlete aja murah meriah euy.
Sayangnya kelebihan  harga murah gak diikuti tenaga mesin yang mumpuni, coba dibandingkan  CS-1 atau New Jupiter MX tenaga Athlete masih ketinggalan lumayan jauh  padahal kapasitas mesin sama dengan CS-1, apalagi kalau dibandingin  Satria FU150 wah jadi kayak dongeng “kelinci lawan kura-kura” hehe. Ya  maklum lah konfigurasi mesin Athlete tidak tegak kayak lawan-lawanya  jadi tenaga mesin kemakan berat gravitasi lebih besar ketimbang  rival-rivalnya. Dengan keunggulan dimensi paling pendek, Athlete diklaim  paling lincah meliuk-liuk dikemacetan kota.
Sayangnya pabrikan  Kawasaki hanya mengeluarkan 1 tipe percepatan yaitu otomatis doang.  Perpindahan giginya pun kayak bebek pada umumnya, jadi gak sporti banget  deh.
Spesifikasi Athlete:
• Harga : Rp15.100.000 (OTR Jakarta)
• Tipe mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
• Diameter x Langkah : 56 x 50.6mm
• Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 124.6cc
• Perbandingan Kompresi : 9.8 : 1
• Daya Maksimum : 9.9dk/8000 rpm
• Torsi Maksimum : 8.6 Nm/6000 rpm
• Karburator : Keihin PB18
• Sistem Starter : Kick Starter & Elektrik Starter
• Jumlah Transmisi : 4 speed
• Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N ( Rotary ) Tipe Sistem Reduksi Final
• Tipe Rangka : Full Frame
• Suspensi Depan :Teleskopik – Fork
• Suspensi Belakang : Swing Arm Monoshock
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1920 x 695 x 970 mm
• Berat Maksimum : 104 kg
• Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Rem Belakang : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Kapasitas Tangki : 5.2 liter
• Kapasitas Bagasi : 4.5 liter
• Ban Depan : 70/90-17
• Ban Belakang : 80/90-17
• Harga : Rp15.100.000 (OTR Jakarta)
• Tipe mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
• Diameter x Langkah : 56 x 50.6mm
• Jumlah & Isi Silinder : 1 buah & 124.6cc
• Perbandingan Kompresi : 9.8 : 1
• Daya Maksimum : 9.9dk/8000 rpm
• Torsi Maksimum : 8.6 Nm/6000 rpm
• Karburator : Keihin PB18
• Sistem Starter : Kick Starter & Elektrik Starter
• Jumlah Transmisi : 4 speed
• Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-N ( Rotary ) Tipe Sistem Reduksi Final
• Tipe Rangka : Full Frame
• Suspensi Depan :Teleskopik – Fork
• Suspensi Belakang : Swing Arm Monoshock
• Panjang x Lebar x Tinggi : 1920 x 695 x 970 mm
• Berat Maksimum : 104 kg
• Rem Depan : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Rem Belakang : Hidrolik, single disc, caliper 2 piston
• Kapasitas Tangki : 5.2 liter
• Kapasitas Bagasi : 4.5 liter
• Ban Depan : 70/90-17
• Ban Belakang : 80/90-17
Ikuti polling berikut ini…

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment