Komparasi: Adu Jotos Yamaha New Scorpio Z vs Honda New Tiger Revolution vs Bajaj Pulsar 200DTS-i vs Minerva Magelli 250 Naked
Akhirnya Yamaha New  Scorpio mengalami perombakan total juga setelah terseok-seok melawan  Honda Tiger Revo dan pendatang baru Bajaj Pulsar200. Bersamaan dengan  munculnya motorsport terbaru Yamaha Byson, New Scorpio pun ikut  diremajakan untuk menemani duo moge Byson dan Vixion.
Meskipun sejak dulu  Honda Tiger Revo tak tergoyahkan gelar rajanya motor laki karena belum  adanya kompetitor yang sanggup menandinginya, kini pabrikan sayap  mengepak itu makin ketar-ketir mendapat lawan berat dari musuh  bebuyutanya Yamaha New Scorpio. Ayo kita komparasikan 4 moge keren yang  bakal saling gontok-gontokan.
Yamaha New Scorpio

Meskipun PT. YMKI telah  merombak total baju besi alias bodinya, ternyata disektor mesin Yamaha  masih setia dengan mesin lamanya. Seperti Honda Tiger Revo yang masih  memakai mesin lama, mesin New Scorpio 225cc merupakan mesin generasi  awal Scorpio sejak dilahirkan dan sama sekali tidak ada pembaruan  teknologi maupun kapasitas mesinya, yah meskipun pihak pabrikan  mengklaim telah menambah teknologi yang lebih ramah lingkungan sehingga  mesin yang sekarang dijamin lebih irit konsumsi bbmnya. Jadi tenaga yang  dikeluarkan si kaljengking 225cc ini tetap seperti versi lawas sebesar  18,2PS.
Gapapalah meski mesin  belum diupgrade, Scorpio mania masih bisa terhibur oleh bodinya yang  kini tambah kekar, modern dan stylish. Gak seperti versi lawas yang  sudah kelihatan uzur dan gak bakalan bisa menyaingi Honda Tiger Revo dan  Bajaj Pulsar200 apalagi Minerva Magelli Naked 250. Lampu depan bulat  kini sudah dianggap kuno dan digantikan desain yang lebih atraktif  seperti adik-adiknya Yamaha Vixion dan Byson. Desain lekuk tangki serupa  byson ini makin menambah kesan berotot meskipun sebenarnya isi tangki  mengecil dibanding versi lawas, bentuk buritan lancip dan knalpot lebih  gambot dari pada versi sebelumnya yang keliatan sangat cupu. Sayangnya  Yamaha lagi-lagi gak berani menambahkan rem cakram belakang dan 6  percepatan untuk menandingi Honda Tiger Revo. Kelebihan lain Yamaha New  Scorpio sudah memakai suspensi monoshock tidak seperti Tiger dan Pulsar  yang masih setia dengan double shock.
Sayangnya ukuran ban  depan-belakang New Scorpio masih sama dengan versi lama jadi kelihatan  cingkrang, malah lebih “kurus” dibandingkan si adik Byson. Dengan total  penambahan dimensi bodi yang makin membesar, bobotnya pun tambah gendut  jadi 141kg, harganya pun makin tinggi 1,5 jeti (klaim Yamaha) jadi  sekitar Rp23.550.000,- on the road Jakarte.
Ini dia spesifikasi lengkapnya:• Harga : Rp23.550.000 (estimasi)
• Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
• Diameter Langkah : 70,0 x 58,0 mm
• Volume Silinder : 223 cm
• Perbandingan Kompresi : 9,50 :1
• Power Max : 13.4 kW@8.000 r/min (18.2 PS@8.000 r/min)
• Torsi Max : 17.5 Nm@6.500 r/min (1.78 kgf-m@6500 r/min)
• Transmisi : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
• Tipe Rangka : Double Cradle
• Suspensi Depan : Teleskopik
• Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
• Rem Depan : Cakram
• Rem Belakang : Tromol
• Ban Depan : 80/100-18 47P
• Ban Belakang : 100/90-18 56P
• Panjang x Lebar x Tinggi : 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
• Kapasitas Tangki : 13 Liter
• Berat Isi : 141 kg
Honda Tiger Revo

Hampir sudah pasti  semua orang di Indonesia ini gak ada yang gak kenal ma Honda Tiger,  motor macan yang dulu dinamai Tiger2000 ini bahkan bisa dibilang  “legenda hidup” karena kehebatanya mempertahankan keeksistenya didunia  motor sport tanah air. Bahkan dulu orang nganggap Honda Tiger ini  sebagai puncaknya motor Indonesia. Meskipun mendapat saingan berat dari  Suzuki lewat Thunder250 dan Yamaha Scorpio, Honda Tiger tetaplah merajai  dipasar motorsport kelas 200cc keatas.
Sekarang Suzuki sudah  menyerah meladeni pertarungan kelas moge 200cc keatas, tinggal Yamaha  yang akan jadi lawan berat si macan 200cc. Kalau Bajaj Pulsar200 dan  Minerva Magelli Naked 250 sih sepertinya masih jauh dari harapan untuk  menumbangkan si Tiger Revo ini. Pihak pabrikan Honda masih pede memakai  mesin lama sejak tahun 1996 model mesin 200cc milik si macan ini belum  pernah diubah total, hanya sedikit penambahan teknologi untuk mengikuti  perkembangan jaman.
Keunggulan Honda Tiger  Revo mempunyai varian lebih banyak ketimbang New Scorpio dan Pulsar200,  yaitu model single headlight dan double headlight, sehingga konsumen pun  bisa memilih sesuai selera mereka. Selain itu, kelebihan si tigi sudah  memakai rem cakram belakang tidak seperti Pulsar200 dan New Scorpio,  sayang melihat tenaga yang lebih kecil dibanding New Scorpio, Pulsar200,  dan Magelli Naked 250 harganya masih terlampau kemahalan mencapai  hampir 25juta rupiah.
Berikut spesifikasi lengkap:• Harga : Rp24.890.000 (OTR Jkt)
• Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
• Berat kosong : 138 kg
• Tipe rangka : Pola Berlian
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : ayun pegas ganda dengan tabung oli
• Ukuran ban depan : 2,75 – 18 42L
• Ukuran ban belakang : 100/90 – 18 M/C – 56P
• Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
• Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
• Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
• Volume langkah : 196,9 cc
• Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
• Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
• Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
• Gigi Transmsi : 6 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Bajaj Pulsar200
 
 
 
 Dengan  desain yang benar-benar beda dibanding motor sport tanah air  kebanyakan, Pulsar200 mampu menyihir para motorsport mania dan memecah  kebosanan disain moge Indonesia yang cuman “gitu-gitu” aja. Selain  disain, teknologi yang dipakai motor Bolliwood ini juga benar-benar baru  dan beda yaitu memakai 2 busi dan 2 katup yang mirip dengan teknologi  mesin mobil Honda Jazz IDSI. Teknologi yang dinamai DTS-i ini diklaim  merupakan satu-satunya di dunia motor dan berfungsi menghemat bahan  bakar sekaligus meningkatkan tenaga.
Sayang sekali meskipun  memakai disain dan teknologi apik, moge india ini masih belum bisa  diterima konsumen motorsport tanah air, karena kekawatiran tentang  kualitas, suku cadang, dan harga jual kembali.
Spesifikasi lengkapnya:• Harga: Rp21.050.000 (OTR)
• Volume langkah: 198.8 cc
• Perbandingan kompresi: 9.5:1
• Tenaga Maksimal: 18 ps
• Torsi Maksimal: 17.17 Nm
• Tipe Mesin: 4 Tak DTS-i
• Transmisi: 5 percepatan
• Tipe Rangka: Double Cradle
• Ban depan: 90x90x17-49P
• Ban belakang 120/80×17-49P
• Rem Depan: Cakram 260mm
• Rem Belakang: Tromol
• Suspensi Depan: teleskopik 130mm
• Suspensi Belakang: Nitrox
• Panjang: 2.035mm
• Lebar: 750mm
• Tinggi: 1.165mm
• Berat kosong: 145kg
• Kapasitas tangki: 15 liter
Minerva Magelli Naked 250

Secara harga, motor ini  memang paling mahal diantara ketiga moge diatas, tapi jika dilihat dari  keseluruhan produk, moge ini sebenarnya berharga terjangkau dan sangat  murah jika dibandingkan moge sport tulen asal Jepang seperti Kawasaki  ZX250.
Dengan harga terpaut  sekitar 1jutaan dari Honda Tiger Revo, sudah dapat motor dengan  spesifikasi layaknya motorsport sejati, seperti mesin 250cc terbesar  dibanding kontestan lain, rangka tubular ala Ducati Monster, dan desain  motor eropa banget, seperti knalpot yang menyembul dibawah jok,  motorsport ini menawarkan sensasi moge eropa sejati dengan banderol  murah. Apalagi dengan kapasitas mesin paling besar, moge asal Inggris  ini bertenaga paling beringas sebesar 20,5PS dengan torsi 6000RPM. Yah  meskipun masih jauh jika dibandingkan Kawasaki ZX250, maklum harganya  terpaut puluhan juta ma si moge ijo itu.
Sekedar info, dinegeri  asalnya British sampai sekarang Magelli Naked justru belum dipersenjatai  mesin 250cc melainkan cuma 125cc, sedangkan versi 250cc masih menyusul.  Wah ketinggalan ma disini dong hehe…
Yuk lihat spesifikasinya:• Price Rp26.100.000 (OTR JKT)
• Engine Type SOHC, Air Cooled with Advanced Balancer Shaft
• Bore x Stroke (mm) 72,5 x 59,8
• Displacement (cc) 247
• Compression Ratio 10,2:1
• Max Power (Hp/RPM) 20,5/8500
• Max Torque (NM/RPM) 18/6000
• Gear Transmission 5 Speed
• Gear Shift Pattern: 1-N-2-3-4-5
• Frame Type Multi Twin Spar Trellis Configuration
• Suspension Front Telescopic
• Suspension Rear Mono Shock
• Wheel Front Rim 2.75×17
• Wheel Rear Rim 3.50×17
• Type Front 100/70 x 17
• Type Rear 130/70 x 17
• Fuel Tank Capacity 11 Lt
• Height 1.040mm
• Length 1.990mm
• Widht 825mm
• Weight 122kg
*Ket. OTR = On The Road

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment