“Motor ini lebih keren  dan kinclong  dibanding ketika pertama keluar. Karena sempat punya pada  zaman dulunya,” kata seorang Kakek yang menyapa Oto-Trendz kala  mengabadikan Honda S90 milik Timothy Aditya ini.
Itu karena sport  Honda yang memiliki mesin tidur ini sudah mengalami restorasi! Terlebih  soal konsep. Bermain kinclong dengan sentuhan krom. Makanya, pacuan  milik siswa kelas 1 SMU Pangudi Luhur, Jakarta ini tampil memikat sang  kakek yang tidak ada hubungan darah.
|   | 
Tema café racer coba diterapkan! Tapi, ubahan yang dilakukan  tidak ekstrem. Bahkan dimensi genre café racer sendiri jauh dari pakem.  Yaitu, tangki dan mesin harus berkapasitas besar.
"Dimensi yang  kecil bikin semakin unik. Fokus modifikasi hanya terletak disatu sisi.  Tinggal memainkan detail yang jadi kunci satu ubahan. Karena didukung  rangka beda dari yang lain,” bilang Yusuf Abdul Jamil alias Ucup bersama  Rio Hermawan Baskoro. Keduanya, modifikator yang mengerjakan motor ini  di teras rumah mereka. Makanya, workshopnya dikasih nama Pistone  Terasse.
Ubahan paling kental tentu di undertail. Karena memang  khas café racer terdapat pada bagian ini. Bentuknya juga disesuaikan  besarnya tangki dan berbahan dasar pelat galvanis. Jadi, tidak  memaksakan harus besar.
Buntut tawon, aplikasi jok single. Di  sektor ini detail tetap dipertahankan. “Ada space buat sandaran  pengendara. Selain itu kalau tidak ada sandaran, buntut tawon terlihat  terlalu mendominasi,” tambah Ucup yang juga pengusaha distro tematis  motor, Pistone Motorcyclothes Jl. Bangka Raya 8, Graha Obor Jakarta  Selatan.
Tidak cukup di situ. Recovery part orisinsl juga  dilakukan. Misalnya, spidometer dan tangki lengkap beserta karet juga  logo Honda. Tujuannya, menguatkan kesan klasik. Begitu juga sokbreker  depan yang masih mempertahankan aslinya. “Sok belakang pakai dari Honda  Astrea Grand. Tapi, penutup sok masih asli,” sambung Rio yang berbadan  besar.
Pilihan kelir warna cat Silverstone jadi andalan untuk  lebih menjiwai motor ini. Sebabe, jarang motor umum mengadopsi kelir  yang namanya seperti salah satu sirkuit di Inggris sana. Sementara logo  pada tangki, sengaja dibuat warna merah layaknya Honda Mugen. Itu lho,  rumah modifikasi mobil Honda.   
(motorplus-online.com)


 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment