Friday, July 8, 2011

Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter


Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter merupakan salah satu karya terbaik yang begitu memukau,mengapa tidak karna sipemilik ini benar-benar tidak percaya begitu motornya dikeluarkan dari bengkel Modifikasi. Maci si pemilik Mega Pro sempat ternganga begitu melihat besutannya menjadi seperti ini usai dimodif. Jangan kelamaan, Bro! Awas ngiler. "Asem, apik tenan (bagus sekali, Red.). Nggak nyangka hasilnya bisa mantap kayak begini," kagum Maci kala itu setengah mengumpat tapi tetap puas pada hasil akhirnya.

"Model KTM Stunt ini seakan hasil kombinasi dari motor bergaya supermoto dan streetfighter. Wah, mantap pokoknya Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter ini," beber Gondez sapaan gaul Danang selaku modifikator.

Untuk urusan memodifikasi Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter ini, Gondez terbilang si raja tega. Untuk memuluskan aksinya dia mengobrak-abrik sektor rangka. Maklum, jika mau dibandingkan, basis rangka Mega Pro memang jauh berbeda dengan milik KTM Stunt. "Ketimbang bingung, mending sektor ini dibabat habis. Terutama buritan yang sengaja dibuang. Yang tinggal hanya main frame," bilangnya.

Rangka asli buritan milik Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter ini memang terlalu landai. Setelah dikurangi langsung diganti pakai pipa tubular berukuran 3/4 dim. "Desain rangka buritan baru ini dibuat nungging sesuai karakter belakang pada KTM Stunt," ucap brother yang punya workshop di Jl. Gubernur Suryo Gg IV/17, Jombang.

Builder hitam manis ini juga menambahkan otot di sektor rangka bagian samping seputar mesin pada Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter ini. Sepintas modelnya mirip rangka KTM Stunt. "Meskipun meniru KTM Stunt, tapi untuk desain rangka tetap dibuat sendiri," beber builder yang lagi-lagi menggunakan pipa tubular ukuran 1/2 inci dipadu 3/4 inci.

Sementara untuk urusan kaki-kaki, Gondez mengaplikasi upside down eks Aprilia RS125. "Perlu sedikit modifikasi lagi pada bagian tabung komstir. Selebihnya, tetap seperti pasang sokbreker pada umumnya.”


Sedikit rada ribet urusannya justru pada swing arm berikut monosok. Karena untuk bisa mengaplikasi arm Cagiva Mito harus sedikit melakukan sentuhan modifikasi. "Terutama untuk as arm yang memang butuh lebih panjang," sahutnya

Biar tangki bisa memiliki bentuk seperti yang diinginkan, sektor ini juga banyak mengalami revisi. Gondez tidak lagi mempertahankan tangki orisinal milik Mega Pro. Kali ini dia pakai tangki Honda Tiger. Tentu tidak asal pasang. Juga jangan dikira mudah di pemasangan.

"Tangki pada Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter tetap harus dirombak terlebih dahulu. Untuk bagian belakang harus dikurangi terlebih dahulu. Lumayan, kurang lebih setelah dipapas tangki ini sekarang berkurang 10 cm," beber Gondez yang juga membungkus penampung bahan bakar itu dengan pelat sesuai desain diinginkan.

Makin maknyus saat langkah menambahkan shroud di bagian samping Honda Mega Pro Ala Super Moto Streetfighter ini dilakoni. Terlebih shroud ini sudah dilengkapi LED yang juga berfungsi seperti lampu sein.Begitulah kirannya sedikit infor masi tentang modifikasi motor,untuk lebih detailnya silahkan kunjungi halaman lainnya yaitu Modifikasi Honda Mega Pro Berfairing dan Modifikasi Honda Tiger 2004 Ala Aprilia.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Continental 120/60-17
Ban belakang : Dunlop Sportmax 160/60-17
Pelek depan : TDR 3,00x17
Pelek belakang : TDR 3,50x17
Cakram depan : Custom
Cakram belakang : Jupiter MX
Sok belakang : Yoshimura
Silencer : Akrapovic

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat