JARAK RENGGANG KLEP / VALVE CLEARANCE
PEMERIKSAAN
INSPECTION
CATATAN:
• Periksa dan setel jarak renggang klep sementara
mesin dalam keadaan dingin (di bawah 35° C).
Putar crankshaft (poros engkol) searah jarum jam dengan memutar cooling fan dengan pelan dan mentepatkan "tanda T" pada flywheel dengan index notch (takik penunjuk) pada right crankcase (bak mesin kanan).
Pastikan bahwa piston berada pada TDC (Top Dead Center) [TMA (Titik Mati Atas)] pada langkah kompressi.
Posisi ini dapat dipastikan dengan memeriksa bahwa ada kerenggangan pada rocker arm.
Jika tidak ada kerenggangan, berarti bahwa
piston sedang bergerak melalui langkah pembuangan ke TDC.
Putar crankshaft satu putaran penuh dengan memutar
cooling fan dengan pelan dan mentepatkan "tanda T"
sekali lagi.
Periksa jarak renggang klep dengan memasukkan feelergauge (lidah pengukur) antara valve adjusting screw(sekrup penyetelan klep) dan valve stem (tangkai klep).
JARAK RENGGANG KLEP:
IN: 0,14 ± 0,02 mm
EX: 0,14 ± 0,02 mm
Jika jarak renggang klep tidak sesuai, longgarkan valveadjusting screw lock nut dan setel jarak renggang klep dengan memutar adjusting screw sampai ada tahanan sedikit pada feeler gauge.
Semprotkan oli mesin pada ulir
0 comments:
Post a Comment