Jakarta - Pabrikan motor Honda sepertinya sedang tersenyum. Sebab untuk pertama kalinya PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil melampaui angka penjualan 400.000 unit per bulan setelah pada bulan Oktober lalu berhasil menjual 415.071 unit sepeda motor di pasar domestik. Rekor pun tercipta.
Berdasarkan data perusahaan, penjualan motor Honda di pasar domestik pada bulan Oktober mengalami pertumbuhan sebesar 28,4 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2010 yang hanya 323.154 unit.
Pencapaian penjualan AHM pada bulan Oktober ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah penjualan sepeda motor secara bulanan di Indonesia. Ironisnya, prestasi yang ditorehkan oleh motor Honda (AHM) ini ternyata berbanding terbalik dengan prestasi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mengalami penurunan penjualan mobil di Indonesia.
Sejalan dengan pencapaian penjualan di pasar domestik ini, pada hari Minggu tanggal 31 Oktober 2011 lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberi dua Penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia kepada AHM atas rekor Produksi Sepeda Motor Terbanyak dalam Waktu Satu Bulan (412.658 unit) dan atas rekor Distribusi Sepeda Motor Terbanyak dalam Waktu Satu Bulan (415.281 unit).
Direktur Marketing AHM Auddie A. Wiranata menyatakan pencapaian ini merupakan salah satu bukti setelah eksistensi Honda selama 40 tahun menemani masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
“Dukungan penuh 1.700 jaringan Honda yang ada di berbagai penjuru daerah merupakan salah satu faktor yang mengantarkan Honda dapat mencapai prestasi ini,” ujarnya dalam keterangan yang detikOto dapat, Rabu (2/11/2011).
Senior GM Sales Division AHM Sigit Kumala memaparkan pada bulan lalu kontribusi penjualan terbesar disumbangkan oleh tipe skutik yaitu sebanyak 246.532 unit atau naik 54 persen dibandingkan dengan penjualan skutik di bulan Oktober 2010 yang hanya 160.129 unit.
Honda BeAT masih menjadi penyumbang angka terbesar dengan catatan 104.284 unit, diikuti oleh Vario Series dengan angka penjualan 89.674 unit, Honda Spacy Helm in 30.422 unut, Honda Scoopy 22.109 unit, dan Honda PCX 43 unit.
Di segmen motor bebek domestik, AHM berhasil menjual sebanyak 150.206 unit atau naik 6,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada bulan Oktober tahun lalu yang hanya 140.641 unit.
Penjualan dua motor bebek Honda terbaru, New Honda Blade dan Honda Supra X 125 Helm in terus meningkat. Pada bulan lalu New Honda Blade tercatat terjual 37.957 unit atau naik 5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan Honda Supra X 125 Helm in naik 13,4 persen dari bulan sebelumnya menjadi 12.180 unit.
Di segmen motor sport, penjualan AHM tak kalah menggembirakan setelah berhasil menjual 18.333 unit. New Honda MegaPro membukukan penjualan terbesar setelah terjual sebanyak 12.684 unit.
Penjualan Honda Tiger pada bulan lalu tercatat 2.164 unit. Penjualan model flagship Honda di segmen motor sport tercatat sebanyak 1.223 unit Honda CBR150R dan 831 unit Honda CBR250R.
Berdasarkan data perusahaan, penjualan motor Honda di pasar domestik pada bulan Oktober mengalami pertumbuhan sebesar 28,4 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2010 yang hanya 323.154 unit.
Pencapaian penjualan AHM pada bulan Oktober ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah penjualan sepeda motor secara bulanan di Indonesia. Ironisnya, prestasi yang ditorehkan oleh motor Honda (AHM) ini ternyata berbanding terbalik dengan prestasi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mengalami penurunan penjualan mobil di Indonesia.
Sejalan dengan pencapaian penjualan di pasar domestik ini, pada hari Minggu tanggal 31 Oktober 2011 lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberi dua Penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia kepada AHM atas rekor Produksi Sepeda Motor Terbanyak dalam Waktu Satu Bulan (412.658 unit) dan atas rekor Distribusi Sepeda Motor Terbanyak dalam Waktu Satu Bulan (415.281 unit).
Direktur Marketing AHM Auddie A. Wiranata menyatakan pencapaian ini merupakan salah satu bukti setelah eksistensi Honda selama 40 tahun menemani masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
“Dukungan penuh 1.700 jaringan Honda yang ada di berbagai penjuru daerah merupakan salah satu faktor yang mengantarkan Honda dapat mencapai prestasi ini,” ujarnya dalam keterangan yang detikOto dapat, Rabu (2/11/2011).
Senior GM Sales Division AHM Sigit Kumala memaparkan pada bulan lalu kontribusi penjualan terbesar disumbangkan oleh tipe skutik yaitu sebanyak 246.532 unit atau naik 54 persen dibandingkan dengan penjualan skutik di bulan Oktober 2010 yang hanya 160.129 unit.
Honda BeAT masih menjadi penyumbang angka terbesar dengan catatan 104.284 unit, diikuti oleh Vario Series dengan angka penjualan 89.674 unit, Honda Spacy Helm in 30.422 unut, Honda Scoopy 22.109 unit, dan Honda PCX 43 unit.
Di segmen motor bebek domestik, AHM berhasil menjual sebanyak 150.206 unit atau naik 6,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada bulan Oktober tahun lalu yang hanya 140.641 unit.
Penjualan dua motor bebek Honda terbaru, New Honda Blade dan Honda Supra X 125 Helm in terus meningkat. Pada bulan lalu New Honda Blade tercatat terjual 37.957 unit atau naik 5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan Honda Supra X 125 Helm in naik 13,4 persen dari bulan sebelumnya menjadi 12.180 unit.
Di segmen motor sport, penjualan AHM tak kalah menggembirakan setelah berhasil menjual 18.333 unit. New Honda MegaPro membukukan penjualan terbesar setelah terjual sebanyak 12.684 unit.
Penjualan Honda Tiger pada bulan lalu tercatat 2.164 unit. Penjualan model flagship Honda di segmen motor sport tercatat sebanyak 1.223 unit Honda CBR150R dan 831 unit Honda CBR250R.
0 comments:
Post a Comment