Sunday, October 30, 2011

Membeli Mobil, Pembelian Paling Mahal dalam Seumur Hidup

Bagaimana tipikal Konsumen pemilik mobil di Indonesia? Survei terbaru menyebutkan, 50 persen pembeli kendaraan adalah masyarakat yang baru membeli mobil. Banyak dari mereka yang tidak mengerti mengenai fitur dan persyaratan kendaraan.

Demikian hasil survei J.D. Power Asia Pacific 2011 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) yang diterbitkan. SSI ini merupakan survei yang mempelajari kepuasan pembeli kendaraan roda 4 terhadap pengalaman pembelian dan pengantaran kendaraan.

"Kebanyakan dari pembeli kendaraan baru, membeli kendaraan adalah salah satu keputusan yang paling terlibat dan pembelian paling mahal dalam seumur hidup mereka," ujar Senior Manager J.D. Power Asia Pacific Rajeev Nair di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (28/10/2011).

Karena merupakan pembelian paling mahal, konsumen pun menginginkan diler memiliki tenaga staf penjualan yang memberikan informasi sejelas mungkin mengenai kendaraan yang akan mereka beli.



"Staf penjualan yang seperti ini tidak hanya membantu membuat pembeli merasa spesial, namun juga memberikan kepercayaan bahwa mereka telah membuat pilihan yang benar," ujarnya.

Staf penjualan yang mau menghabiskan banyak waktu dengan pembeli untuk memberikan penjelasan menyeluruh dan mendemonstrasikan fitur-fitur kendaraan sangat dihargai oleh pembeli. "Dan membuat pengalaman pengiriman kendaraan menjadi spesial bagi mereka," ujarnya.

Dari responden sebanyak 2.170 pemilik kendaraan, pabrikan mana yang menurut mereka paling bagus berdasarkan survei ini? Bisa dilihat dari grafik ini:



Dari sekian banyak produsen, Toyota tercatat meraih peringkat tertinggi untuk kepuasan penjualan untuk dua tahun berturut-turut, dengan nilai 777.

"Capaian ini merupakan apresiasi pelanggan terhadap segala upaya Toyota untuk menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen. Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan tinggi dan selaku APTM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota dalam mempertahankan kepercayaan pelanggan," ujar Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan di tempat sama.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan secara menyeluruh:




0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat