
Modifikasi Yamaha Byson Ala Amerika merupakan hasil garapan dari sang modifikator yang benar-benar tergolong berani, bisa dikatakan demikian karena dia berani mengganti salah satu komponen b ison yang tergolong bagus dan banyak digemari oleh modifikator lain untuk mengganti motornya dengan onderdil dari motor byson ini, akan tetapi dengan keberaniannya akhirnya tampil juga kreasinya yang tidak kalah menterengnya dan keren abis hasil rancangannya ini.
Sebenarnya langkah yang  dilakukan oleh Ida Bagus Surya ini tergolong berani. Dia berani mencopot  lampu standar Yamaha Byson yang sebenarnya sangat bagus itu. Bahkan  saat ini banyak motor lain yang dirombak menggunakan lampu Byson. Lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha V-Ixion GP Style, Itu  salah satu bukti bahwa desain atau bentuknya sangat menarik.  
Tapi  tentu saja ada alasan Surya melakukan ini. "Saya sudah lama mengimpikan  punya motor Buell. Untuk tahap sekarang ya Byson ini aja dulu yang  meniru motor Amerika itu," kata Surya. Jadi dengan nekat dia  memboyong head lamp Buell untuk dipasang pada Modifikasi Yamaha Byson Ala Amerika ini. Sudah pasti harganya  tidaklah murah. Tapi Surya ogah berbagi mengenai harga komponen ini.
Supaya lebih rapi dan menarik, maka dibuatkan semacam dudukan  yang manis. "Dudukan itu kita buat dengan fiber, bentuknya mengikuti  desain bodi kit motor yang kita rancang," kata Made Ambhara dari rumah  modifikasi M1, Denpasar yang melakukannya. Bentuk dudukan lampu ini juga agak membulat sesuai dengan tampilan lampu Buell sendiri yang berkesan mata belo. 
Berikutnya  Surya tidak mau hanya itu saja. Meskipun tidak melakukan rombakan yang  banyak di wilayah bodi, tapi sudah terkesan dia ingin Modifikasi Yamaha Byson Ala Amerika ini terlihat  lebih gagah daripada aslinya. Teknik yang dilakukan adalah dengan membuat bodi kit di beberapa  bagian. Misalnya saja buritan. Selain memberi penutup jok supaya jadi  terkesan jok tunggal, Surya pada bagian samping juga menambahkan fiber. 
"Bentuk  lekukannya mengikuti model tangki, tangki sendiri tidak banyak kita  ubah, masih mengandalkan bentuk standarnya," terang Made Ambhara lagi. Supaya  lebih sip maka di bagian bawah juga dipasang semacam cover engine.  "Semua bagian bodi ini kita buat menggunakan fiber," tambah pemilik  bengkel di Jl. Gunung Muliawan Timur, No. 15X, Denpasar, Bali.
Biar sangar, kaki-kaki mengaplikasi yang lebih gede. Buat belakang comot  punya Suzuki GSX400 yang punya lebar 4 inci. Yang depan mengadopsi  upside down punya Aprilia RS125 yang punya lebar 3 inci. “Ukurun  pelek depan lebih kecil yaitu 17 inci. Sedangkan buat belakang pada Modifikasi Yamaha Byson Ala Amerika ini pakai 18  inci. Pria yang buka usaha kecil-kecilan ini ingin memakai  cakram depan-belakang. Alasannya, kalau motor gede tak pakai pengereman  ganda kurang pas. Apalagi, Byson hanya stau rem, yaitu bagian depan. 
Masih ngomongin tentang bolt-on, cover mesin bawah juga dibuat dari  bahan yang sama. Tapi, desain mengambil tema Dainese. Jadi bentuknya  menggambarkan garis-garis tajam. "Part ini juga bisa dipasang ke Yamaha  V-xion," tambah pria yang gemar makan mie ayam ini. Selanjutnya,  di bagian jok konsep single sitter juga diterapkan, lihat juga tampilan lain Modifikasi Yamaha Byson Ala Ferrari. Tapi, yaitu tadi lagi-lagi memakai bolt-on. Bagian cover jok belakang, peranti yang  bahannya dari fiberglass ini bisa dengan mudah untuk dibongkar-pasang.  Karena hanya mengunci di bagian samping tepatnya sisi kiri dan kanan.  
Selanjutnya,  kondom arm standar diakui kurang begitu mumpuni untuk aplikasi pelek  lebar. Makanya, modifikator berpotongan seperti tentara ini membuat  kondom baru yang sesuai dengan peranti itu. Oh ya, biar Modifikasi Yamaha Byson Ala Amerika ini sedikit terkesan motor gede maka dibuat juga seperti  rangka tambahan di bawah tangki. Dibuat menggunakan pipa tubular dan  dicat hitam. Seharusnya jika Surya berani, harusnya rangka ini juga  dicat dengan warna terang supaya jels terlihat. Jika seperti ini  sepertinya tersamar, tidak jelas.
Data Modifikasi
Ban Depan : Pirreli 120/60-17
Ban Belakang: Battlax 140/70-17
Knalpot : Suzuki GSX 400
Pelek Belakang : Baros 4,5x17
Ban Depan : Pirreli 120/60-17
Ban Belakang: Battlax 140/70-17
Knalpot : Suzuki GSX 400
Pelek Belakang : Baros 4,5x17

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment