Thursday, October 27, 2011

Test Drive Chevy Colorado 2.800 cc

http://images.detik.com/content/2011/10/27/1216/colorado_detikoto_out3.JPGPuas bermain-main di perbatasan dua negara yakni Thailand dan Myanmar dengan Chevrolet Colorado bermesin 2.500 cc, kini saatnya mencoba varian Colorado yang lebih besar yakni Colorado 2.800 cc.

Mobil yang detikOto coba merupakan Duramax diesel Variabe Geometry Turbocharger (VGT) 4X2 LT 4 silinder 6 percepatan otomatis (2.800 cc Duramax diesel varian terendah). Kali ini rute pengetesan dilakukan dengan rute Ciang Rai - Ciang Mai, Thailand.


Tampilan luar All New Chevrolet Colorado 2.800 cc diesel VGT dan All New Chevrolet Colorado 2.500 cc turbo-diesel 4X4 manual tidak banyak perbedaan. Kedua pikap andalan General Motors (GM) itu sama-sama menyuguhkan wajah gagah, stylish dan elegant.

Hanya saja pada All New Chevrolet Colorado 2.800 cc diesel VGT dilengkapi 4 pintu (2 pintu belakang terbuka ke belakang). Kabin penumpang pun lebih lega dari varian All New Chevrolet Colorado 2.500 cc turbo-diesel 4X4 manual.

Formasi kursi penumpang juga tetap 2 kursi di bagian depan, dan kabin penumpang belakang bisa difungsikan untuk membawa barang bawaan.


Interior All New Colorado 2.800 cc

Sedangkan wujud kedua dashbord mobil asal AS itu tidak ada yang berubah. Chevrolet hanya membubuhi banyak warna pada All New Chevrolet Colorado 2.800 cc diesel VGT dengan 3 warna (hitam, abu-abu dan silver). Kombinasi ketiga warna tersebut membuat kabin All New Colorado lebih elegant.

Kesamaan juga terlihat pada letak tombol pengatur kaca spion luar (power window) dan tinggi-rendah setir, pengatur AC, CD Player. Fitur tersebut terintegrasi dengan apik di dashboard penumpang.


Kunci pun diputar ke posisi on, raungan mesin 2.800 cc Duramax diesel VGT terdengar sedikit ke kabin penumpang. Untuk etapa 2, perjalanan di mulai dari Phu Chai Sai (resort dan spa) - hotel Shangrila di Chiang Mai melewati Rongkhun Temple - Khun Kan Water Fall - Mae Sae Waterfall - Maesa Elephant Camp dan berakhor di hotel Shangrila di Chiang Mai dengan jarak tempuh sekitar 240 km.

GM sepertinya benar-benar ingin memuaskan penggunanya. Untuk model All New Colorado 2.800 cc diesel VGT sudah tersedia transmisi manual shift-matic 6 percepatan. Sistem itu memungkinkan mesin merespons lebih cepat keinginan pengendara.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah. Letakkan tuas transmisi ke posisi D, dan geser ke arah kiri (untuk menaikan gear ke atas dan menurunkan gear ke bawah).

Sedangkan untuk safety, GM benar-benar memikirkan keamanan pengendara. Fitur mumpuni dual air bag telah tersemat di mobil pekerja keras tersebut. Selain itu juga tersemat ESC, ABS, EBFD, BAH, CBC.

Mesin

Jangan annggap enteng dengan mesin satu ini. Berkat teknologi VGT, mesin 2.800 cc Duramax diesel sanggup menyemburkan tenaga hingga 180 Hp (132 kw) dan torsi sebesar 470 Nm. Hasilnya tidak kalah baik bila dibandingkan dengan mobil sekelas.

Ketika pedal gas dibejek, tenaga langsung tersalurkan ke roda belakang, deras sekali. DetikOto merasakan power All New Colorado 2.800 cc mulai tersembur di 1.200 RPM - 1.500 RPM. Bukan tidak mungkin kemampuan itu membuat Al New Colorado 2.800 cc sanggup melahap di trek menanjak. Dan terbukti ketika detikOto menghadapi jalan tanjakan dengan sudut kemiringan 45 derajat di gear 1, tenaga mulai tersalurkan pada 1.200 RPM. Mobil terus merayap ke atas tanpa kehilangan tenaga.

Mobil terus melintas di jalur lintas kota yang menghubungkan kota Chiang Rai dan Chiang Mai. Kabin penumpang All New Colorado 2.800 cc lebih senyap dari kabin penumpang All New Colorado 2.500 cc. Terbukti ketika pikap diajak mengebut hingga kecepatan 150 km, kabinnya masih sangat nyaman.

Eits, nanti dulu All New Colorado dilengkapi dengan shift lock. Jadi aman kalau parkir paralel di pusat perbelanjaan. Shift lock berada di dpean tuas tranmisi.

Suspensi

Setelah puas mengamati wajah, interior hingga mesin kini saatnya suspensi dan kenyamanan. Karakter jalan di etape ke-2 uji coba All New Colorado 2.800 cc diesel VGT ke Chiang Mai sangat berbeda dari sebelumnya.

Bila sebelumnya pikap Colorado menghadapi jalan tanah, pasir dan bebatuan tanjakan terjal dan turuna curam, namun pada etape ke-2 tantangan pikap Colorado tidak begitu sulit. Pasalnya kontur jalan yang didominasi dengan aspal mulus dan landai.

Sesi uji coba kali ini sepertinya pas, sebab All New Chevrolet Colorado LT 2.800 cc Duramax diesel VGT adalah berpenggerak 4X2. Kemampuan mobil itu tidak sehebat pikap All New Colorado 2.50 cc 4X4 atau merek lain.

Namun terlepas dari itu, suspensi Al New Colorado 2.800 cc lebih empuk daripada All New Colorado 2.500 cc turbo diesel. Bantingannya tidak sekeras All New Colorado 2.500 cc turbo diesel. Kali ini lebih lembut dan tidak mantul-mantul, mungkin karena bobotnya lebih berat dari versi 2.500 cc.

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat