Monday, October 31, 2011

Mobil Baru Audi Lahirkan A1 e-tron

img Munchen - Era mobil listrik memang bisa dibilang sudah di depan mata. Dan yang terbaru, pabrikan mobil Audi sudah mulai memproduksi mobil listrik Audi A1 e-tron untuk mengisi jalan-jalan Kota Munchen, Jerman.

Sebanyak 20 unit Audi A1 e-tron diproduksi untuk menjadi pilot project Audi sekaligus meneliti perilaku pengemudi, persyaratan infrastruktur listrik, dan jaringan komunikasi baru antar pengemudi serta metode pencarian stasiun pengisian listrik di smartphone.

Selain itu, Audi A1 e-tron juga merupakan bagian dari percobaan yang lebih besar yang dijalankan oleh pemerintah Jerman untuk mendirikan sejumlah stasiun pengisian listrik di seluruh negeri yang menggunakan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga angin.

Setelah seluruh penelitian selesai, era mobil listrik pun akan di mulai. Kemungkinan era mobil listrik di Jerman akan bisa dimulai pada tahun 2025.

Audi A1 e-tron sendiri merupakan versi listrik dari Audi A1. Namun mesin pembakaran konvensional di depak. Sebagai gantinya, motor listrik pun mengisi jantung penggerak mobil ini.

Memang masih ada mesin konvensional di mobil ini. Hanya saja fungsi mesin tersebut sudah berubah. Tidak lagi berguna untuk menggerakkan roda kendaraan, melainkan hanya sebagai generator semata, mirip dengan yangf digunakan oleh Chevrolet pada Volt.

Konsumsi bahan bakar pun tergolong sangat irit yakni hanya 1,9 liter per 100 km.

Namun, mobil ternyata ini masih mampu menjelajah hingga 250 km jalan sebelum diisi ulang tenaganya. Selain itu, mobil kompak ini juga mampu melesat hingga kecepatan 130 km/jam.

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat