Monday, October 31, 2011

Modifikasi Honda Vario Ala Robocop


 
Modifikasi Honda Vario Ala Robocop ini merupakan salah satu hasil karya terbaru dari sang Modifikator kenamaan yang sudah sering kali menampilkan keluaran terbaru di bidang modifikasi khususnya pada motor jenis skubek ini, tampilan kali ini muncul di dar4atan yang syarat dengan suatu obyek yang mengandalkan sebuah kreasi kesenian tingkat tinggi, banyak sekali pengunjung di daratan ini yang berasal dari luar negara kita ini, anda ingin tahu.! "Bali", banyak sekali jenis motor skubek dikota ini.

Selain Pulau Seribu Pura, Bali juga sudah lama terkenal sebagai kotanya matik. Selain penjualan motor standar atau baru, gairah Modifikasi Motor Terbaru Kelas Matik juga hebat di wilayah ini, banyak sekali konsep baru hadir dari Pulau Dewata, kali ini sebuah Vario hadir seperti robot dengan penerapan beberapa inovasi di beberapa sektor, motor ini milik Eko Budhi Harianto, dia juga yang memodifikasinya. "Konsep yang coba diterapkan adalah Robocop atau bentuk yang modern. Tapi, pastinya tetap dalam koridor MEFRIK sesuai standar Kategori Kelas Matic.

Inovasi pertama yang dilakukan adalah dengan membuat mono arm di rode depan, tentunya ini membuat motor terlihat sedikit unik, ditambah lagi dengan menggunakan pelek mobil, "Kita buat suspensi depan itu menggunakan pipa diameter 2,5 inci yang digabungkan dengan sok variasi," tambah Eko. Supaya tampilan Modifikasi Honda Vario Ala Robocop ini lebih rapi dilihat, dilapisi lagi dengan kondom dari bahan fiber. Dengan begitu, bentuknya lebih enak dilihat.

Bukan hanya itu, cover CVT juga dibungkus ulang dengan fiber. Dengan begitu, bentuknya sudah tidak standar lagi. Tampil beda dan menjadi rapi, jurus modifikasi yang boleh untuk ditiru, tampilan depan memang menjadi salah satu poin yang menarik perhatian, selain masalah suspensi tadi, bentuk bodi depan juga sudah berubah, tidak mau repot dengan cuztomizing di sektor ini, Eko juga memasang bodi depan dari Honda Airblade yang beredar di Thailand. Lengkap berikut lampu.

"Selain efek mengubah bentuk depan, bodi ini juga menjadi patokan dalam membuat bodi kit di tengah dan belakang," tambah pria 32 tahun ini, memang seluruh detail bodi saat ini sudah tidak seperti Vario lagi, hanya tarikan garis utamanya  saja yang masih menjadi ciri skubeknya Agnes Monica ini, "Untuk beberapa bagian pada Modifikasi Honda Vario Ala Robocop ini dibuatkan bodi kit, bahkan buritan diubah menjadi runcing dan layaknya motor sport," tambahnya. Maksud bergaya sport tadi karena sekarang jok sudah menjadi single sitter, suatu tampilan yang sebenarnya rada sedikit nyeleneh.

Buritan yang menjadi runcing ini ini diikuti dengan roda belakang yang didorong mundur. Istilahnya ditambah undur-undur seperti  yang banyak dipakai oleh penganut aliran low rider. "Saya tambah panjangnya sekitar 13 cm," cuap Eko yang bersyukur selamat dari bencana gempa yang melanda Bali kemarin, penggunaan warna Hitam di jari-jari Honda Vario sangat mendukung harmonisasi warna dengan bodi secara keseluruhan, ciri nkhas kategori kelas skubek ini bisa dilihat dengan pemberian cover pada sok depan, begitu juga dengan membuatkan sepatbor depan layaknya motordari planet lain.

Tapi, memang kedua aliran itu yang coba dikawinkan Eko Budhi Harianto selaku modifikator. " Honda Vario menjadi tambah unik lagi karena kedua aliran tadi diterapkan pada skubek, mungkin jadi hal biasa kalau diterapkan di motor sport," tegas pemiliknya, aliran dari Modifikasi Honda Vario Ala Robocop tadi membutuhkan tampilan yang macho dan jantan, dua nilai yang nyaris tidak ada pada skubek standar. "Karena itu rombakan cukup total dilakukan, tapi dengan prinsip tidak memotong rangka asli," tambah ayah dua anak ini.

Demi kesan tadi, bodi standar dicopot, gantinya dibuat ulang dengan kombinasi antara fiber dan pelat. Urusan bodi ini tambah diperkokoh lagi dengan dibuatnya semacam rangka tambahan di atas dek. "Dengan menggunakan pipa seperti itu, pasti nantinya Honda Vario ini bila masuk dalam contes Modifikasi Motor Terbaru akan tampil lebih gagah," cerita pria yang ngebengkel asal pulau dewata Bali ini, tampilan tambah kokoh lagi dengan penggunaan sok depan variasi Thailand yang punya tabung besar. "Begitu juga dengan pelek, sudah dicustom supaya terlihat lebih kekar," tambah pria yang memang terkenal sebagai pembuat pelek custom ini.


Pakai ban lebih besar, tampilan langsung berubah, meski roda lebih lebar, buat manuver jadi lebih aman, sang modifikator kembali membuat sepatbor depan baru yang lebih pas. “Bentuknya bisa dibilang mirip kepala lumba-lumba, juga sudah ditambah penutup sokbreker di sisi samping, supaya tidak timpang dengan ban yang sudah lebih besar dari standar, langkah terakhir adalah dengan mengganti setang dengan model Modifikasi Honda Vario Ala Robocop ini, bagi penikmat modifikasi di seputaran Jakarta, setang seperti ini memang sudah jarang yang menggunakan, akan tetapi, karena konsep motornya yang mengarah ke robotic, tentunya akan menjadi pas, ditambah lagi spidometer digital,

DATA MODIFIKASI
Ban: Deli tire 140/70-14
Pelek: Custom
Sok belakang: YSS
Head lamp: Airblade
Setang: Top Secret
Spidometer: Koso
Knalpot: Supertrap

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat