
modifikasi honda grand
// // MODIFIKASI JARUM SKEP SEPEDA MOTOR HONDA 125 CC
Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya.
Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya.
Akan tetepi kenyataanya pemilik motor sendiri ada sebagian mereka  yang merasa tidak puas dengan performa sepeda motor ala standar pabrik.  Hal ini di dasari beberapa hal, salah satunya karena kebutuhan tiap  manusia pada dasarnya sangat berbeda satu sama lain.
Contoh nyata salah satunya pada teknologi jarum skep pada karburator  sepeda motor. Umumnya jarum skep sepeda motor tipe-tipe terdahulu dapat  di setel dengan penambahan alur pada batang ulir jarum skep tersebut.  Akan tetapi sangan berbeda pada sepeda motor keluaran terkini. Produsen  malah memuatnya tak bisa di stel.
Mungkin bagi sebagian orang tak terlalu mempedulikan hal ini. Tapi di  lain pihak, ada juga yang kurang puas dengan hal ini. Bagi yang mereka  penyuka speed or performance dan punya uang lebih, akan mudah bagi  mereka untuk mengganti komponen karburator dengan yang mempunyai spek  kompetiosi yang tentunya harganya tak bisa dibilang murah, dan biasanya  juga tak bisa instant dan tidak langsung dengan settingan standarnya.
Padahal apabila kita kreatif sedikit dan mau repot tak susah kok  untuk mengakali hal ini. Khusus para pengguna generasi honda 125cc mulai  kirana, karisma sampai supra x 125. bisa mengaplikasi tips ini. Jarum  skep yang tidak bisa di stel bisa di modifikasi dengan mengganti satu  set terdiri jarum dan pasangannya dari motor bebek honda generasi supra,  grand yang masih menggunakan jarum skep tipe alur.
Part yang dibutuhkan adalah jarum skep dan pasangannya (needle jet  set). Ga harus yang original dan baru, barang kw atau bekas copotan pun  masih bidsa dipake ko!!.
Kebetulan kalau yang saya telah terapkan di motor saya, dengan  menggunakan barang kw yang belinya satu set dengan repair karburator  motor grand atau supra 110. Saya belinya murah ko, hanya sekitar 15 rb.
Oke apabila sudah ada partnya lanjutkan dengn melepaskan karburator  dari dudukannya. Setelah lepas, lepaskan juga skep dari pengaitnya.  Kemudia lepas pengunci jarum skepnya dengan menggunakan obeng plis  kecil. Tekan kemudian putar. Setelah di buka copot jarum skep lama  gantikan dengan part pengganati. Jangan lupa klip penguncinya di pasang.  Untuk posisi klip pengunci bisa di pasang di tengah dulu, kemudian  pasang pengunci jarum skep yang ada di repair karburator yang di beli  tadi. Perlu di ketahui posisi klip tergantung dari settingan nantinya  dan posisi yang disarankan bisa berbeda tergantung dengan kebutuhan  mesin.
Kemudian rakit kembali skep kebalikan seperti saat membongkarnhya.
Sampai disini selesai?? Oh belum.. kan pasangannya belum di pasang. Kalo ga di pasang ntar lubangnya terlau kegedean.
Bongkar mangkuk karburator untuk memasang pasangan jarum skep. Buka  kedua baut pengikat mangkuk dengan obeng plus. Setelah itu akan  kelihatan dudukan mainjet. Buka dudukan main jet dengan tang jepit biar  simple. Kemudian dorong dari arah skep untuk mengeluarkan pasangan jarum  skep lama. Gunakan pensil atau batang yang terbuat bukan dari metal  biar tidak tergores. Kemudian pasang pasangan jarum skep yang baru awas  janga terbalkik, yang lubang stepnya mengarah ke jarum skep bukan ke  arah main-jet. Simpan part tersebut dengan jarum skep asli biar ga  hilang bila sewaktu2 di perlukan ga hilang.
Kemudian pasang kembali dudukan mainjet dan pasang mangkuk karburator kebalikan dari proses bongkarnya.
Kemudian pasang kembali dudukan mainjet dan pasang mangkuk karburator kebalikan dari proses bongkarnya.
Kemudian pasang skep karbu. Dan pasang kembali karbu ke dudukannnya. Rangkai kembali slang bensin.
Selesai, kemudian hidupkan mesin. Bawa jalan dulu motor, kemudian buka busi, bila putuh berarti skep terlalu atas=irit. Atau sebaliknya. Sesuaikan dengan settingan motor anda. Dan bila telah didapat settingan yang pas, busi harus berwarna kecoklatan.
Selesai, kemudian hidupkan mesin. Bawa jalan dulu motor, kemudian buka busi, bila putuh berarti skep terlalu atas=irit. Atau sebaliknya. Sesuaikan dengan settingan motor anda. Dan bila telah didapat settingan yang pas, busi harus berwarna kecoklatan.
Perbedaan karakteristik yang telah saya rasakan, terutama pada  putaran menengah atas. Kalau pake yang ori, tengahnya tuh seperti kosong  kemudian atas baru ada lagi. Tapi pake tips ini tengah sampai atasnya  cepet banget naiknya. Adapun perubah ini tak menjadikan motor anda jadi  boros2 amat ko. Semuanya balik lagi ke settingan. Daripada pake yang ori  dipake gebernya kurang enak.

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment