Monday, October 10, 2011

Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style

 

Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style merupakan suatu imajinasi yang luar biasa dari sang modiikator yang cenderung mengandalkan rubahan pada tampilan full fairing  agar terkesan tampilannya seperti motor balap ala GP, seperti anda ketahui bahwa pada saat ini banyak sekali sangmodiikator membuat konsep motor balapnya bergaya fighter namun kali ini beda, tampilan kali ini jika diperhatikan secara detail tak banyak perubahan namun dengan kejelian sang modiikatorlah yang membuat tampilan kali ini beda 100 persen.

Coba apa kesan pertama ketika melihat motor ini. Pasti banyak yang berkomentar tampilannya mencengangkan alias ajaib. Dengan perubahan bentuk bodi yang sudah jauh berbeda dari standar ditambah penempelan 'atribut' yang terkesan ramai, lihat juga tampilan lain Modiikasi Kawasaki D-Traker 150 Full Racing. Yamaha V-ixion ini coba dihadirkan dengan konsep GP Style. Setidaknya itulah yang dituliskan oleh sang modifikator di data modifikasi yang diserahkan ke panitia saat berlangsung event IRC Modification Contezt 2011, Agustus yang baru lalu.

"Kami buat bodinya menjadi full fairing dan berkesan balap," buka Hanif 'Hans' Baitullah, juragan Han's Custom. Selain itu kaki-kaki pada Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style ini juga coba dibuat lebih besar untuk menunjang maksud tadi. Tapi sayang, untuk urusan bodi ini rupanya Hans kurang memperhatikan dimensi. Selain terkesan kebesaran posisi jok yang rata juga membuat bentuk motor menjadi aneh. Mungkin jika dibuat lebih nungging akan sedikit pas.

Selain itu fairing yang sudah full tertutup baik depan maupun samping ini akan lebih gampang membuat mesin panas. Kisi-kisi atau lubang angin yang disediakan masih terlalu kurang. "Untuk kaki-kaki dibuat sendiri, misalnya arm dan sok depan. Kalau beli barang jadi kurang seninya," lanjut pemilik bengkel dari Baranang Siang, Bogor.

Detail yang rapi dari bodi fiber pada Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style ini terlihat pada bagian depan hingga buritan. Mulai dari bentuk shroud yang dipadukan lampu sein milik Yamaha New Jupiter MX hingga menjalar ke bawah sebagai penutup mesin agar berkesan padat berisi. Sedangkan buritan, posisi jok boncenger masih tetap bisa digunakan. “Tinggal lepas lepas penutup jok.

Moncong knalpot sengaja diterapkan ada di bawah jok boncenger, ini dilakukan sekadar mengakali pada bagian pelepas gas buang yang tertutup oleh cover bodi mesin. “Jadi, makin unik dan berkesan beda, yang sepertinya juga begitu menyukai model knalpot seperti ini. Bentuk lampu itu memang seperti kepala ular kobra yang merupakan lambang dari klub V-ixion. “Ular merupakan ciri petarung sejati..

Sebagai penyeimbang konsep, kaki-kaki pada Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style ini, juga ikut kena oprek. Pelek variasi Axio dipadu ban tapak lebar Battlax 120/70-17 depan dan 160/60-17. Bagian peredam kejut model upside down diterapkan. Lantas perangkat ciet variasi dibikin dobel guna menunjang pengereman. Sedang pada swing arm dipilih model pisang alias banana biar klop dengan sok YSS.

Bentuk lengan ayun yang dibuatnya konon meniru moge CBR 600. Tapi sayang sekali pengerjaanya kurang detail sehingga terlihat kotak begitu saja, lihat juga tampilan lain Modiikasi Yamaha V-ixion Ala Robot Extrem. Begitu juga dengan sok depan yang diperbesar dengan teknik pemasangan kondom. 

Hal yang paling menakjubkan lagi adalah banyaknya tulisan di bodi motor Modiikasi Yamaha V-Ixion GP Style ini. Mulai dari logo MotoGP sampai full injection yang menandakan ini V-ixion. Tapi sory, kalau stiker Damai Itu Indah rasanya lebih pas di pinggir jalan ketimbang di bodi motor!  Tapi, karya seni harus dihormati. Karena selera orang beda-beda.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: FDR 130/70-17
Ban belakang: Battlax 190/55-17
Pelek: Variasi
Disc brake: PSM

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat