 
         Paling enak mencuci  motor itu dilakukan sendiri saat senggang. Sambil mencuci, kita bisa  memperhatikan cat dan detil-detil kondisi motor yang mungkin jarang kita  perhatikan.
Tapi saat sedang malas, menyerahkan tunggangan ke tempat pencucian  motor menjadi langkah yang sering ditempuh. Selain pengerjaan lebih  cepat, kita tak perlu capek dan repot mencuci motor sendiri.
Namun ada hal yang harus jadi perhatian, karena semprotan air dengan  tekanan tak selamanya membantu meringankan, tapi juga bisa merepotkan.
Kita sering melihat pekerja cuci motor mengarahkan air bertekanan ke  roda, sela-sela motor yang sulit dijangkau dan beberapa bagian motor  lainnya. Penggunaan mesin penyemprot air dengan tekanan tinggi cukup  membantu menjangkau daerah sulit, tapi jika salah menempatkan lokasinya,  masalah pun bisa terjadi.
Menurut Afandi dari AFMoS, dirinya sering menerima pasien yang datang  dengan keluhan komstir bermasalah. “Ada yang seret, macet dan oblak,”  kata punggawa Afandi Motor Sport ini.
Menurut keterangan punggawa bengkel khusus V-Ixion ini, lebih dari 10  kasus masalah komstir sudah ditangani. “Umumnya komstir karat, jadi  terasa berat untuk membelokkan stang. Bahkan ada yang radius putarnya  jadi kecil,” terang Afandi.
Selidik-punya selidik, ternyata komstir karatan akibat kemasukan air  saat proses pencucian dengan air bertekanan. “Saya tanya ke mereka,  mulai dari cara merawat, pemakaian sampai kondisi jalan yang mereka  lalui setiap hari. Memang ada yang rusak akibat kondisi jalan yang  kurang bagus, tapi tak sedikit yang rusak atau karat akibat proses  pencucian,” terangnya lagi.
Menurut punggawa bengkel yang bermarkas di kawasan Cileduk ini, saat  proses penyemprotan dengan air bertekanan, biasanya pencuci mengarahkan  air nya dari bawah ke arah stang motor, saat itulah air yang  disemprotkan dengan tekanan cukup tinggi sidikit-banyak masuk ke  selah-selah komstir. Jadi, kata dia, ada baiknya kita meminta untuk  menggunakan air tanpa tekanan di bagian-bagian tertentu.
“Karena tak menutup kemungkinan komponen lain bisa rusak akibat  dorongan air yang cukup keras. Memang saat ini saya belum menemukan  kasus lain, tapi hal itu bisa saja terjadi jika kita tidak waspada,”  tuturnya.
“Lumayan loh biaya penggantian komstir, bisa sampai ratusan ribu,” tutup nya sambil tertawa.
sumber:http://gilamotor.com/2011/09/awas-gara-gara-cuci-steam-komstir-v-ixion-karatan/ 

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment