Wednesday, September 14, 2011

KONSUMSI BBM SUZUKI SATRIA FU 2011

Tulisan kali ini, saya bakal bahas konsumsi BBM Suzuki Satria FU…. banyak yang bertanya-tanya, berapa sih konsumsi ni motor? koq rasanya boros amat yak? :mrgreen:

Nah, mari kita bahas secara pelan-pelan dan mendalam….. :mrgreen:

Kondisi Motor ::

Kondisi motor saya ini masih standar-dar pabrikan belum ada diutak-atik…. maklum masih kinyis-kinyis…. :mrgreen: Cek tekanan ban sesuai anjuran pabrikan, mesin stasioner di 1400 rpm… BBM yang saya gunakan adalah Pertamax 95.. :mrgreen:

Pengendara ::

Nah, saya sebagai rider punya berat 45 kg dengan tinggi badan 168 cm…. ingat bro n sist, bahwa berat badan juga mempengaruhi konsumsi BBM, karena perbandingan berat dengan tenaga…atau bahasa kerennya Power Weight to Ratio (PWR)… :-D

Riding Style dan Konsumsi BBM 1 (satu) ::

Koq ada riding style bro? ya ini juga termasuk parameternya bro….gimana cara bawa motor sehari-hari juga mempengaruhi konsumsi BBM… Cara saya berkendara adalah antara Defensif riding plus Aggresive riding, dimana saat kondisi jalan lagi padat, saya berkendara dengan kalem…kecepatan 40-50 km/jam… nah, begitu kondisi jalanan sedikit lengang, maka saya akan betot gas sdikit dalam, dengan kecepatan 60-70 km/jam… mosok bawa motor kenceng-kenceng maunya BBM tetap irit, yooo.. ndak bisa bro… :mrgreen:

Nah..ini yang ditunggu-tunggu jawabannya.. ya tho? :mrgreen: BBM yang saya isikan ke tangki 2,01 liter pertamax 95 dengan harga perliternya 9.950 rupiah (Gambar. 1) odometer saat pengisian pertama ini 146,7 km (Gambar. 2)…. lalu saya wira wiri keliling kota dan odometer saat saya mengisi lagi atau yang kedua 221,3 km (Gambar. 3)

Gini nih ngitungnya… :: Odometer saat pengisian kedua 221,3 km dikurangi odometer saat pengisian pertama 146,7 dibagi 2,01 liter.. nih angka matematisnya… 221,3 – 146,7 : 2,01 = 37,1 km/ liter….. :roll:

Riding Style dan Konsumsi BBM 2 (Dua) ::

Gak puas dengan hasil yang pengujian pertama, saya kembali melakukan pengujian kedua.. :mrgreen: Kali ini saya berkendara cukup kalem, pelan-pelan….kecepatan paling tinggi “cuma” 60 km/jam….dan saat ngisi BBM lagi, odometer yang tertera adalah 340,5 km…jumlah Pertamax 2,51 Liter hampir meluber dari tangki oi.. (maaf gak sempet jepret, lagi rame soalnya :mrgreen: )

Yuk….. hitung-hitung lagi…… 340,5 – 221,3 : 2,51 = 47,4 km/ 1,2 liter… baru saya merasa Puas !!! :mrgreen:

Demikian lagh… coretan-coretan ini….semoga bermanfaat…. :mrgreen:

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat