
Ketika motor  mogok, usah  panik. Beberapa part bisa dicek untuk mendeteksi letak  permasalahan.  Misalnya, ketika engine sulit untuk distarter. Bahkan  ketika hidup pun,  dalam hitungan detik mati lagi.
Kondisi ini,  bisa dicek lewat  seting kerenggangan setelan klep. Jika setelan klep  terlalu rapat, bisa  membuat motor agak sulit hidup. Dan, kondisinya  seperti yang disebut di  atas. Mesin cepat panas juga salah satu efek  dari setelan klep terlalu  rapat.
Cek juga stasioner rpm. Jika setelah mesin hidup lalu grip  gas  dilepas dan langsung mati, bisa saja karena stasioner terlalu  rendah.  Sebaiknya, seting stasioner sesuai ketentuan standar. Misal di  1.500  rpm.
Jika engine tidak mau hidup juga, bisa juga pastikan   kondisi sekering. Yup, sekering 10 ampere yang biasanya terkoneksi   dengan aki alias battery. Jika pengaman ini putus, tentu mesin enggak   mau hidup.

 
 
 
 
0 comments:
Post a Comment