Sunday, September 18, 2011

Honda Spacy VS Honda BeAT, Punya Karakter Yang Berbeda!

Honda Spacy VS Honda BeAT, Punya Karakter Yang Berbeda!


PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan harga jual yang mengejutkan buat skubek barunya Honda Spacy. Menggunakan platform yang sama dengan Honda BeAT, Spacy dijual dengan harga yang sama menariknya dengan BeAT.

Versi Spoke Wheel-nya sama-sama dilepas Rp 11,75 jutaan, sedang versi casting wheel-nya dijual sama diangka Rp 12,5 jutaan. "Harga ini kami pilih karena sudah bisa diterima masyarakat," yakin Yusuke Hori, Presiden Director, PT Astra Honda Motor (AHM).

Lalu apakah kehadiran Spacy dengan keunggulan "space" yang lebih lega bakal mengurangi penjualan Honda BeAT? "Rasanya tidak, kedua skubek ini sangat berbeda. Kami malah berharap konsumen dari merek lain yang pindah ke Spacy," harap Johanes Loman, Executive Vice President Director, PT AHM.

Menurutnya desain Honda Spacy sangat berbeda. Tampil lebih elegan menyasar konsumen muda khususnya keluarga muda yang menggunakan skubek sebagai alat transpotasi sehari-hari. Dan memiliki kecenderungan untuk membawa banyak barang.

Tak heran bila Spacy menawarkan ruang bagasi terbesar di kelasnya, volumenya mencapai 18 liter. Jok ekstra lega untuk dua orang dan pijakan kaki yang luas dan tanki bahan bakar lebih besar.

Sedang Honda BeAT tampil sporty, dengan desain yang futuristik. "Anak-anak muda khususnya yang masih usia sekolah menjadi sasaran konsumen Honda BeAT," jelas Sigit Kumala, General Manager Sales, PT AHM.

Masalah kemudahan berkendara, Honda BeAT dipastikan lebih unggul. Dimensinya tidak terlalu besar memudahkan handling khususnya pengendara pemula. "Lebih enak naik BeAT, bentuknya mungil. Kalau Spacy terlalu besar, kaki harus dibuka lebih lebar saat berhenti," ungkap Fanya, SPG Honda yang menemani test ride Honda Spacy di sela launching hari Rabu (4/5) lalu.

Secara spesifikasi, rangka Honda BeAT memang lebih langsing. Sedang Honda Spacy dibuat lebih lebar demi bagasi yang lebih besar. Bentuk rangka ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Selain itu wheelbase BeAT lebih pendek, wajar kalau lebih lincah. Wheelbase Spacy 1.256 mm, lebih panjang dari BeAT yang hanya 1.240 mm. Meski kalah lincah, tapi Spacy tentunya unggul soal stabilitas.

Sedang fitur safety seperti side stand switch dan parking brake lock tetap sama. Bahkan tuas rem belakang diganti desainnya, agar rem parkir bisa diaplikasi dengan mudah. Oiya, satu kelebihan Spacy adalah sudah mengadopsi auto headlight on, lampu dengan langsung menyala ketika mesin dinyalakan.

Sedang mesin tak ada yang berbeda. "Semua sama sampai CVT juga sama. Perbedaan hanya pada bentuk air filter," jelas Wedijanto Widarso, Senior Manager Technical Service Division, PT AHM.

Nah, sudah jelas kan! Artinya soal pilihan tinggal tentukan. Mau yang sporty dan lincah atau elegan dengan banyak fungsi. (motorplus-online.com)

0 comments:

Post a Comment

Admin

 
 
Copyright © Motor Trend
Designs By adsensecepat